kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jangan Makan Sembarangan Saat Sahur dan Buka Puasa, Simak 5 Penyebab Diare Ini


Selasa, 26 April 2022 / 06:22 WIB
Jangan Makan Sembarangan Saat Sahur dan Buka Puasa, Simak 5 Penyebab Diare Ini
ILUSTRASI. Penyebab diare.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Diare merupakan masalah pencernaan yang bisa disebabkan oleh oleh makanan yang dikonsumsi. Salah satu penyebab diare biasanya disebabkan oleh makanan.

Terlebih saat bulan puasa, Anda perlu berhati-hati mengkonsumsi makanan saat sahur ataupun buka puasa. Usahakan jangan mengkonsumsi makanan yang dapat memicu diare, contohnya makanan yang terlalu pedas.

Saat mengalami diare, penderitanya akan merasa sembelit dan menimbulkan rasa tidak nyaman karena harus bolak balik ke kamar mandi. Hal tersebut tentunya sangat mengganggu aktivitas yang harus dilakukan.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Stretch Mark, Coba 5 Bahan Alami Ini

Selain itu, ada beberapa penyebab diare jika dibiarkan akan berbahaya bagi kesehatan khususnya sistem pencernaan. 

Selain membuat penderitanya bolak-balik toilet, diare kerap menimbulkan gejala lain seperti kembung, mual hingga muntah-muntah. 

Biasanya kebanyakan penyebab diare itu disebabkan oleh asupan makanan yang kurang baik. Contohnya seperti kadaluarsa, basi, atau makanan mentah. 

Merangkum dari Very Well Health, terdapat beberapa penyebab diare yang perlu diwaspadai supaya Anda bisa menghindari diare saat melakukan berbagai aktivitas. Penyebab diare tersebut di antaranya: 

Alergi Makanan 

Penyebab diare pertama adalah alergi makanan. Salah satunya penyebab diare satu ini sangat mungkin bisa dihindari, jika Anda mengetahui makanan apa saja yang tidak boleh dikonsumsi. Oleh karena itu, Anda jangan makan sembarangan, khususnya di bulan puasa seperti sekarang.

Biasanya jika diare disebabkan oleh alergi makanan, reaksi alergi tersebut akan mulai terasa dalam kurun waktu 24 jam. 

Keracunan Makanan 

Selain alergi makanan, keracunan makanan juga bisa menjadi salah satu penyebab diare. Pasalnya, makanan yang sudah terkontaminasi dengan bakteri sangat mungkin bisa menjadi penyebab diare atau gangguan pencernaan lainnya. 

Baca Juga: Kurang Subur? Simak 7 Cara Meningkatkan Kualitas Sperma Ini

Obat Tertentu 

Mengkonsumsi obat-obat tertentu bagi sebagian orang dapat menyebabkan diare. Salah satunya seperti pengobatan kemoterapi. 

Jika setelah melakukan pengobatan Anda mengalami diare yang cukup parah, segera hubungi dokter atau tenaga medis. Pasalnya, ditakutkan diare tersebut menjadi tanda adanya gangguan kesehatan lain. 

Alkohol

Penyebab diare selanjutnya adalah terlalu banyak mengkonsumsi minuman beralkohol. Hal tersebut dikarenakan alkohol bisa menurunkan kinerja usus besar sehingga air tidak bisa terserap secara maksimal, akibatnya tinja pun mengandung banyak air yang membuat mules.

Flu Perut 

Flu perut adalah salah satu penyebab diare yang perlu Anda ketahui. Flu perut terjadi karena perut terinfeksi oleh virus-virus yang dapat mengganggu sistem pencernaan. 

Selain menjadi penyebab diare, flu perut juga menimbulkan rasa demam hingga muntah-muntah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×