Tips Sehat

Jangan asal makan, ini waktu terbaik untuk sarapan

Sabtu, 18 Juli 2020 | 07:05 WIB Sumber: Kompas.com
Jangan asal makan, ini waktu terbaik untuk sarapan

ILUSTRASI. Selain menyehatkan badan diet dash juga ampuh untuk mengonterol tekanan darah, menurunkan kolesterol dan dapat menurunkan berat badan tanpa merasa terpaksa. Diet ini menekankan kita untuk lebih banyak makan sayur, buah, dan produk susu rendah lemak. Model

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sarapan pagi adalah sesi makan paling penting sepanjang hari. Tak hanya memperhatikan kualitas asupan, kita ternyata juga perlu mempertimbangkan waktu sarapan yang baik. 

Momentum sarapan yang tepat bisa menunjang tubuh tetap bugar sepanjang hari. 

Baca Juga: 3 sumber makanan yang mengandung vitamin E

Rentang 2 jam setelah bangun tidur 
Ahli gizi yang berbasis di Philadelphia AS, Theresa Shank menyampaikan, waktu sarapan yang baik berada dalam rentang dua jam setelah bangun tidur. "Sarapan dalam rentang waktu dua jam sejak bangun tidur dapat mengurangi nafsu makan tak sehat dan gula darah lebih stabil," jelas dia seperti dilansir Women's Health. 

Shank menjelaskan, saat gula darah tidak stabil karena jam makan yang kurang tepat, seseorang cenderung ingin mengemil atau makan berlebihan. "Sarapan dapat mempercepat metabolisme. Begitu bangun tidur, tubuh perlu segera cepat keluar dari kondisi puasa," jelas dia. 

Waktu sarapan yang baik bagi penderita diabetes 
Rentang waktu dua jam setelah bangun tidur adalah waktu sarapan yang baik bagi orang dengan kondisi kesehatan normal. Namun tidak berlaku untuk penderita diabetes.  Kelompok ini perlu mengontrol kadar gula darah lebih stabil dengan mengatur jam makan.

Untuk itu, waktu sarapan yang baik bagi penderita diabetes berada dalam rentang waktu satu jam setelah bangun tidur. "Sarapan dalam rentang waktu satu jam sejak bangun tidur ini bisa menjaga keseimbangan kadar gula darah penderita diabetes," kata ahli nutrisi Maya Feller, R.D. 

Baca Juga: Sudah tidak ada lagi istilah ODP, PDP, OTG di Pemprov Jatim

Waktu sarapan yang baik saat olahraga 
Terkait waktu sarapan yang baik saat olahraga, para ahli gizi sepakat menyesuaikan rekomendasi sesuai kondisi tubuh setiap individu. Setiap individu punya preferensi masing-masing untuk olahraga dulu atau sarapan dulu. 

Misalkan, seseorang cenderung sakit perut apabila sarapan dulu sebelum olahraga, maka sarapan lebih direkomendasikan setelah kelar berolahraga. Namun, jika Anda tipe orang yang pusing atau kleyengan saat olahraga dalam kondisi perut kosong, ada baiknya Anda sarapan dulu sebelum berolahraga. 

Editor: Tendi Mahadi
Tag


Terbaru