kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jangan Anggap Sepele, 5 Penyebab Sering Kentut yang Perlu Anda Ketahui


Kamis, 28 April 2022 / 11:52 WIB
Jangan Anggap Sepele, 5 Penyebab Sering Kentut yang Perlu Anda Ketahui
ILUSTRASI. Terlalu sering kentut.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID -Jakarta. Terlalu sering kentut bisa jadi merupakan tanda adanya gangguan kesehatan dalam tubuh. Untuk itu penting mengetahui penyebab kenapa kentut sering terjadi supaya Anda bisa segera melakukan penanganan jika terjadi sesuatu dalam tubuh.

Penyebab kentut sendiri bisa dipengaruhi oleh banyak faktor. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui penyebab kenapa frekuensi kentut Anda menjadi lebih sering dari biasanya. 

Sehingga jika Anda sudah mengetahui penyebab kenapa Anda jadi sering kentut, Anda bisa segera melakukan pengobatan sesegera mungkin jika ada gangguan kesehatan dalam tubuh. 

Baca Juga: Ini 5 Manfaat Masker Madu untuk Kesehatan Kulit Wajah, Catat!

Selain itu, jika frekuensi kentut Anda menjadi lebih sering, hal tersebut akan menimbulkan rasa tidak nyaman disertai dapat mengganggu orang lain karena aroma yang kurang sedap.

Melansir dari Healthline, berikut beberapa penyebab meningkatnya frekuensi kentut yang perlu Anda ketahui. 

Sembelit 

Rasanya sembelit menjadi faktor yang paling dapat mempengaruhi frekuensi kentut Anda menjadi lebih sering. Pasalnya, sembelit adalah gangguan sistem pencernaan yang membuat penderitanya akan kesulitan buang air besar. 

Hal tersebutlah yang sangat bisa memicu Anda menjadi lebih sering kentut. 

Terlalu Banyak Mengkonsumsi Karbohidrat

Penyebab Anda sering kentut selanjutnya adalah terlalu bangak mengkonsumsi karbohidrat. Contohnya, seperti roti, kentang dan berbagai jenis makanan karbohidrat lainnya dapat memicu frekuensi kentut Anda menjadi lebih sering. 

Baca Juga: Cara Daftar Vaksin Booster Kimia Farma 2022, Cek Tanggal dan Persyaratannya

Gangguan Pencernaan 

Gangguan pencernaan yang diakibatkan oleh beberapa penyakir tertentu, salah satunya diabetes dapat menyebabkan frekuensi kentut menjadi lebih banyak. Pasalnya, hal tersebut membuat sistem pencernaan Anda menjadi stres. 

Jenis Makanan Tertentu

Beberapa jenis makanan tertentu bisa menjadi penyebab Anda sering kentut. Contohnya, seperti makanan yang mengandung banyak serat dan jenis gula alami sangat bisa membuat Anda menjadi lebih sering kentut. 

Stres 

Mengelola stres adalah hal yang sangat penting. Saat stres juga Anda harus menghindari atau mengurangi konsumsi alkohol  dan merokok. Alhasil, frekuensi kentut Anda akan kembali normal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×