kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jangan abaikan penyebab sifilis ini agar kesehatan tetap terjaga


Sabtu, 05 September 2020 / 06:30 WIB
Jangan abaikan penyebab sifilis ini agar kesehatan tetap terjaga


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Penyebab sifilis adalah infeksi bakteri yang biasanya menyebar akibat hubungan seksual. Penyakit ini terjadi di bagian alat kelamin, rektum, atau mulut. Setelah infeksi awal, bakteri sifilis akan nonaktif dalam tubuh sebelum kembali aktif di kemudian hari.

Penyebab sifilis awal masih bisa diobati dengan suntikan penicilin. Jika penyakit sifilis dibiarkan dan tidak segera ditangani, penyakit ini akan menyerang jantung, otak, organ lain sehingga membahayakan hidup seseorang.

Penyebab Sifilis

Melansir dari Mayo Clinic, penyebab sifilis adalah bakteri yang bernama Treponema pallidum. Cara transmisi yang paling sering terjadi adalah kontak langsung dengan orang yang telah terinfeksi lebih dulu melalui hubungan seksual. Bakteri masuk ke tubuh melalui luka kecil di kulit.

Baca Juga: Ini penyebab kelenjar getah bening bengkak

Penyebab sifilis juga bisa diturunkan oleh ibu kepada anaknya yang dikandung. Penyebab sifilis tak bisa menyebar melalui penggunaan toilet, kamar mandi, baju, alat makan, atau hal lain yang sama dengan seseorang penderita sifilis.

Setelah sembuh, penyebab sifilis tak bisa menyerang tubuh Anda lagi. Kecuali jika Anda kembali berhubungan dengan luka sifilis orang lain. Penyebab sifilis bisa lebih parah jika ada faktor resiko lainnya, seperti hubungan seksual tanpa pengaman, terinfeksi virus HIV, dan lain sebagainya.

Efek Penyebab Sifilis yang Tak Segera Diatasi

Penyebab sifilis yang tak segera diobati akan membuat kondisi kesehatan semakin parah. Mayo Clinic menyebutkan bahwa penyakit sifilis bisa meningkatkan resiko infeksi HIV pada wanita sehingga menyebabkan masalah saat hamil.

Sifilis yang tidak diobati bisa menyebabkan munculnya gumma. Gumma adalah benjolan atau tumor yang muncul di kulit, liver, tulang, atau bagian organ lainnya. Setelah diobati menggunakan antibiotik, gumma biasanya bisa hilang.

Baca Juga: Masih sering keliru, ini perbedaan bakteri dengan virus yang perlu diketahui

Penyebab sifilis yang tak diobati jug abisa menyebabkan masalah pada sistem saraf. Misalnya, sakit kepala, strok, meningitis, rambut rontok, kemampuan penglihatan menurun, demensia, dan lain sebagainya.

Mencegah Penyebab Sifilis

Meski bisa diobati, tapi kondisi tubuh Anda tak bisa kembali seperti semula. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk mencegah penyebab sifilis. Caranya, tidak sering berganti pasangan seks, menggunakan kondom untuk mengurangi resiko penularan, dan tidak mengonsumsi alkohol atau obat terlarang lainnya.

Selanjutnya: Ini nilai kadar asam urat normal dalam tubuh untuk perempuan dan laki-laki

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×