Kesehatan Umum

​Jangan abaikan, begini 4 gejala serangan jantung yang perlu diwaspadai

Kamis, 26 November 2020 | 13:44 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
​Jangan abaikan, begini 4 gejala serangan jantung yang perlu diwaspadai

ILUSTRASI. Serangan jantung merupakan penyakit mendadak yang memang tidak diawali dengan gejala apapun.


KONTAN.CO.ID - Gejala serangan jantung bisa Anda waspadai sejak dini. Penyebab serangan jantung adalah tersumbatnya pembuluh darah yang menyuplai makanan ke otot jantung yang dikenal dengan nama pembuluh darah koroner. 

Sumbatan ini bisa disebabkan oleh macam-macam hal, di antaranya plak, sobekan dinding jantung, tumpukan lemak atau kolesterol, dan bekuan darah.

Namun, serangan jantung bisa dicegah secara dini dengan hidup sehat. Bergerak dan berolahraga secara teratur penting bagi penderita sakit jantung karena bisa mendorong peredaran darah di jantung. 

Dianjurkan, untuk sedikitnya melangkah 10.000 kali per hari. Selain itu, waspadailah gejala serangan serangan jantung untuk dapat menyelamatkan hidup Anda.

Baca Juga: 10 Mitos penyakit jantung dan faktanya

4 Gejala serangan jantung


Gejala serangan jantung

Dirangkum dari laman Kementerian Kesehatan, berikut adalah 4 gejala serangan jantung yang harus Anda waspadai: 

1. Kelelahan

Saat serangan jantung terjadi, aliran darah di dalam tubuh yang menuju ke jantung menurun dan terjadi tekanan lebih pada otot, sehingga tubuh terasa sangat lelah. 

Kalau rasa lelah yang amat sangat ini muncul setelah melakukan kegiatan yang biasa saja, segeralah memeriksakan diri ke dokter dan lakukan pemeriksaan elektrokardiogram (EKG), yang fungsinya untuk memeriksa aktivitas jantung.

2. Tiba-tiba pingsan

Tiba-tiba pingsan tanpa sebab saat sedang melakukan kegiatan yang biasa dan tidak terlalu menguras tenaga bisa jadi salah satu tanda adanya masalah pada jantung.

Baca Juga: ​Jangan abaikan, begini tanda-tanda awal serangan jantung yang perlu diwaspadai

Editor: Virdita Ratriani


Terbaru