kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

​Jangan abaikan, begini tanda-tanda awal serangan jantung yang perlu diwaspadai


Kamis, 26 November 2020 / 11:48 WIB
​Jangan abaikan, begini tanda-tanda awal serangan jantung yang perlu diwaspadai
ILUSTRASI. Serangan jantung merupakan penyakit mendadak yang memang tidak diawali dengan gejala apapun. (Tribun Jateng/ Hermawan Handaka)


Penulis: Virdita Ratriani

KONTAN.CO.ID - Serangan jantung disebabkan oleh tersumbatnya pembuluh darah yang menyuplai makanan ke otot jantung yang dikenal dengan nama pembuluh darah koroner. 

Sumbatan ini bisa disebabkan oleh macam-macam hal di antaranya plak, sobekan dinding jantung, tumpukan lemak (kolesterol), bekuan darah, dan lain-lain. 

Namun, serangan jantung bisa dicegah secara dini dengan hidup sehat. Bergerak dan berolahraga secara teratur penting bagi penderita sakit jantung. 

Karena ini mendorong peredaran darah di jantung. Dianjurkan untuk sedikitnya melangkah 10.000 kali per hari. Selain itu, waspadailah tanda-tanda peringatan awal serangan jantung untuk dapat menyelamatkan hidup Anda. 

Baca Juga: Gejala dan penyebab badan lemas ini perlu Anda waspadai

6 Tanda peringatan dini serangan jantung

Dirangkum dari laman Kementerian Kesehatan, berikut tanda-tanda awal seseorang dapat terkena serangan jantung:

1. Kelelahan ekstrem

Salah satu tanda awal serangan jantung adalah kelelahan ekstrem. Sebenarnya, kelelahan adalah perasaan normal setelah melakukan aktivitas fisik atau mengalami hari yang panjang. 

Namun, jika Anda terus-menerus merasa lelah dan letih, periksa ke dokter. Tidak wajar jika cukup tidur, makan dengan baik, dan tidak menguras tenaga secara fisik, namun tetap terasa letih.

Baca Juga: Begini kronologi meninggalnya Maradona

2. Gangguan tidur

Tanda peringatan lain dari serangan jantung adalah gangguan pada kebiasaan tidur. Di antaranya sering terbangun, sering ke kamar mandi di malam hari atau mengalami kehausan yang ekstrem di malam hari.

Pikiran bawah sadar Anda mungkin mengatakan bahwa ada sesuatu yang salah. Jika Anda tidak memiliki penjelasan logis untuk gangguan tidur ini, temui dokter Anda.

3. Napas tersengal

Mengalami sesak napas bisa jadi tanda peringatan kunci mengalami masalah jantung. Bila jantung tidak mendapatkan cukup oksigen, Anda bisa merasakan sesak napas.

Baca Juga: Diego Maradona meninggal dunia, ini penyebabnya




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×