Jamu-jamu tradisional Nusantara yang bantu pelihara kesehatan saat pandemi Covid-19

Minggu, 01 Agustus 2021 | 08:30 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Jamu-jamu tradisional Nusantara yang bantu pelihara kesehatan saat pandemi Covid-19

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Jamu merupakan ramuan tradisional khas nusantara yang sudah lama dikonsumsi dan bermanfaat menjaga kesehatan tubuh terlebih saat pandemi Covid-19.

Jamu sudah lama digunakan masyarakat Indonesia untuk memelihara kesehatan tubuh, mencegah berbagai macam penyakit, dan meningkatkan imun tubuh. 

Selama pandemi Covid-19, menjaga kesehatan tubuh menjadi hal yang wajib dilakukan semua masyarakat.  Selain menggunakan obat-obatan modern, Anda bisa mengonsumsi jamu atau ramuan tradisional khas Indonesia yang bermanfaat menjaga kesehatan tubuh. 

Jamu diracik menggunakan berbagai macam rempah khas Nusantara yang mudah ditemukan baik di pasar tradisional maupun pasar swalayan. 

Berikut ini beberapa resep jamu dan ramuan tradisional Indonesia yang dirangkum dari Instagram @jalurrempahri

Resep-resep jamu tradisional Indonesia

  • Ramuan jamu 1

Jahe merah 2 ruas jari 
Jeruk nipis 1 buah. 
Kayu manis 3 jari
Gula merah secukupnya
Air 3 cangkir

Cara mmebuat jamu tradisional ini cukup mudah. Pertama-tama cuci semua bahan lalu geprek jahenya. Rebus semua bahan selama 15 menit. 

Untuk penyajiannya, saring terlebih dahulu setelah dingin. Anda bisa meminum jamu ini satu kali sehari sebanyak 1,5 cangkir. 

Baca Juga: Struktur anatomi ginjal manusia serta fungsinya bagi tubuh

  • Ramuan jamu 2

Kunyit 1 ruas ibu jari.
Lengkuas 2 ruas ibu jari. 
Jeruk nipis 1 buah. 
Air 3 cangkir.
Gula merah secukupnya. 

Untuk membuat ramuan ini, cuci semua bahan hingga bersih lalu geprek kunyit dan lengkuas. Rebus semua bahan hingga mendidih selama 30 menit. Saring air jamu setelah dingin dan minum sekali sehari sebanyak 1,5 cangkir.

Editor: Tiyas Septiana
Terbaru