Jam Olahraga Yang Tepat Untuk Menurunkan Berat Badan, Sudah Ada Hasil Penelitiannyan

Jumat, 19 Agustus 2022 | 06:43 WIB Sumber: Kompas.com
Jam Olahraga Yang Tepat Untuk Menurunkan Berat Badan, Sudah Ada Hasil Penelitiannyan

ILUSTRASI. Jam Olahraga Yang Tepat Untuk Menurunkan Berat Badan, Sudah Ada Hasil Penelitiannyan


KONTAN.CO.ID - Jakarta. Olahraga adalah salah satu cara terbaik untuk menurunkan berat badan pada pria dan wanita. Namun apa yang salah jika sudah olahraga tapi cara menurunkan berat badan ini tak kunjung membuahkan hasil

Bisa jadi jam olahraga yang Anda pilih tidak tepat. Ternyata menurut Medical News Today, ada jam-jam tertentu yang merupakan jam paling efektif untuk menurunkan berat badan.

Tidak hanya itu saja, jenis kelamin juga akan menentukan hasil akhir dari olahraga di jam tertentu yang dilakukan.

WebMD juga menjelaskan bahwa hasil dari olahraga yang dilakukan di pagi hari dan di siang atau malam hari akan berbeda. WebMD menambahkan bahwa wanita yang melakukan olahraga di pagi hari bisa menurunkan berat badan lebih baik dan yang melakukan olahraga di siang. Olahraga pada malam hari bisa menguatkan bagian atas tubuh dan menambah kekuatan.

Sedangkan untuk laki-laki, tidak ada perbedaan yang signifikan dari melakukan olahraga di pagi atau siang dan malam hari. Meskipun begitu, WebMD menambahkan bahwa laki-laki yang melakukan olahraga di siang atau malam hari bisa menurunkan tekanan darah.

Baca Juga: Bisa Bikin Asam Urat Kambuh, Penderita Harus Jauhi Sayuran Ini

Keuntungan Olahraga di pagi hari

Olahraga di pagi hari mengacu pada olahraga yang dilakukan sebelum jam 9 pagi sebelum mengawali aktivitas. Melansir Healthline, olahraga yang dilakukan pada pagi hari bisa merangsang hormon endorfin sehingga membuat Anda merasa lebih senang dalam menjalani hari.

Namun selain itu, ternyata ada keuntungan lain yang bisa didapatkan dari melakukan olahraga di pagi hari untuk menurunkan berat badan.

1. Nafsu makan menurun

Keuntungan pertama olahraga di pagi hari untuk menurunkan berat badan adalah nafsu makan berkurang. Olahraga di pagi hari ternyata membuat nafsu makan menurun sehingga sangat baik untuk menurunkan berat badan.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh ahli dari Brigham Young University di dalam Jurnal Medicine and Science in Sports and Exercise yang terbit pada tahun 2012, menemukan bahwa wanita yang melakukan olahraga di pagi hari akan mempengaruhi nafsu makan pada hari itu.

Penelitian ini melibatkan 35 wanita dengan berat normal dan obesitas untuk melakukan olahraga selama 45 menit di pagi hari. Hasilnya menunjukkan bahwa para partisipan tidak tergoda untuk mengonsumsi banyak makanan di hari itu.

2.Metabolisme tubuh lebih baik

Keuntungan kedua olahraga di pagi hari untuk menurunkan berat badan adalah metabolisme tubuh lebih baik. Melakukan olahraga di pagi hari juga terbukti bisa memperbaiki proses metabolisme yang terjadi di dalam tubuh.

Hal ini dibuktikan dengan penelitian yang sama dengan poin sebelumnya. Hasil dari penelitian tersebut ternyata juga menunjukkan bahwa partisipan bisa melakukan kegiatan fisik yang lebih banyak daripada ketika tidak berolahraga di pagi hari.

Dari kegiatan fisik tersebut juga ditemukan bahwa kalori terbakar lebih banyak karena metabolisme tubuh menjadi lebih baik.

3. Tidur lebih nyenyak

Keuntungan ketiga olahraga di pagi hari untuk menurunkan berat badan adalah tidur lebih nyenyak. Jika Anda mengalami kesulitan untuk tidur di malam hari, maka melakukan olahraga di pagi hari sangat disarankan.

Para ahli dari Amerika melakukan penelitian mengenai hal ini dan sudah dimuat di dalam Jurnal Vascular Health and Risk Management di tahun 2014. Hasilnya menunjukkan bahwa partisipan yang melakukan olahraga pada jam 7 pagi memiliki kualitas tidur yang lebih baik jika dibandingkan dengan partisipan yang berolahraga pada jam 1 siang dan 7 malam.

Hal ini disebabkan oleh perubahan detak jantung dan temperatur tubuh sehingga membuat olahraga yang dilakukan di siang atau malam hari bisa mengganggu kualitas tidur.

4. Membakar lebih banyak kalori

Keuntungan keempat olahraga di pagi hari untuk menurunkan berat badan adalah membakar lebih banyak kalori. Anda disarankan untuk berolahraga di pagi hari untuk menurunkan berat badan karena ternyata kalori bisa dibakar lebih banyak.

Hal ini didukung oleh penelitian yang dilakukan oleh ahli dari Northumbria University di British Journal of Nutrition pada tahun 2013. Pada penelitian ini ditemukan bahwa lemak bisa dibakar dengan lebih baik ketika olahraga dilakukan di pagi hari sebelum sarapan.

Itulah jam olahraga yang tepat untuk menurunkan berat badan pada pria dan wanita. Segera ubah jam olahraga Anda jika ingin lebih cepat menurunkan berat badan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jam Olahraga yang Baik untuk Menurunkan Berat Badan",


Penulis : Ria Apriani Kusumastuti
Editor : Resa Eka Ayu Sartika

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru