Bisa Bikin Asam Urat Kambuh, Penderita Harus Jauhi Sayuran Ini

Jumat, 19 Agustus 2022 | 04:55 WIB   Reporter: Adi Wikanto
Bisa Bikin Asam Urat Kambuh, Penderita Harus Jauhi Sayuran Ini


KONTAN.CO.ID - Jakarta. Penderita asam urat memiliki sejumlah pantangan yang harus dihindari. Salah satu pantangan asam urat adalah menjauhi sayuran tertentu.

Mengutip Kompas.com, penderita asam urat harus lebih selektif dalam memilih makanan, termasuk sayuran. Meski dikatakan sebagai makanan sehat, namun beberapa jenis sayuran ada yang mengandung purin tinggi. Orang yang memiliki asam urat tinggi disarankan untuk tidak mengonsumsinya dalam jumlah yang berlebihan.

Asam urat adalah penyakit yang sering dikeluhkan masyarakat di usia 30 tahun ke atas. Penyakit asam urat ditandai dengan adanya penumpukkan asam urat yang kemudian mengkristal di area persendian.

Ketika kadarnya naik, dampaknya bisa menyebabkan nyeri, perasaan tidak nyaman hingga mengganggu aktivitas sehari-hari. Oleh karena itu, ketahui beberapa makanan yang perlu dihindari penderita asam urat, sebagaimana dikatakan Stacey Phillips, ahli diet bersertifikat sekaligus penulis "Journal of Renal Nutrition" seperti dikutip Livestrong.

Berikut sayuran yang harus menjadi pantangan dan wajib dihindari penderita asam urat.

Baca Juga: 8 Jenis Makanan yang Aman dan Baik Dikonsumsi Penderita Asam Urat

1. Asparagus

Sayuran pertama yang termasuk pantangan penderita asam urat adalah asparagus. Hal ini karena asparagus mengandung purin.

Biasanya asparagus ditemukan di dalam makanan ala Western. Asparagus mengandung purin yang sedang. Batasan konsumsinya disarankan tidak lebih dari 85 gram dalam sehari dan tidak lebih dari lima kali dalam seminggu.

Meski begitu, mengonsumsi asparagus sebagai sumber vitamin B-6, E dan C juga dapat dijadikan sebagai pola makan yang sehat. Caranya yang paling aman adalah dengan mengombinasikan asparagus dengan sayuran lain seperti bawang-bawangan atau okra.

2. Kembang kol

Sayuran kedua yang termasuk pantangan penderita asam urat adalah kembang kol. Penderita asam urat sebaiknya menghindari mengonsumsi kembang kol berlebihan. Kembang kol dikenal sebagai sayuran yang padat nutrisi.

Secara alami, kembang kol memiliki kandungan vitamin C dan sumber folat yang baik. Batasan mengonsumsi kembang kol yang disarankan adalah 85 gram dan tidak boleh terlalu sering mengonsumsinya. Sebagai pengganti kembang kol, akan lebih aman jika mengonsumsi brokoli, karena sayuran berwarna hijau ini memiliki kadar purin yang rendah.

3. Jamur

Sayuran ketiga yang termasuk pantangan penderita asam urat adalah jamur. Jenis sayuran yang rendah kalori ini menawarkan nutrisi seperti riboflavin, niasin dan zinc.

Tetapi, jamur mengandung purin yang tinggi. Pasien asam urat disarankan makan jamur tidak lebih dari 85 gram dan maksimal lima kali dalam seminggu.

4. Bayam

Sayuran keempat yang termasuk pantangan penderita asam urat adalah bayam. Dikenal sebagai sayuran sehat, bayam rupanya juga tidak disarankan untuk dikonsumsi berlebihan bagi penderita asam urat.

Bayam diketahui mengandung purin dalam jumlah sedang. Ketika dikonsumsi berlebihan maka dampaknya bisa memicu asam urat melonjak.

5. Kacang polong

Sayuran kelima yang termasuk pantangan penderita asam urat adalah kacang polong. Kacang polong sering dijumpai dalam sajian tumis-tumisan. Jenis sayuran renyah yang satu ini juga tidak disarankan untuk dikonsumsi berlebihan.

Batasan konsumsi yang aman adalah 85 gram dan tidak lebih dari lima kali dalam seminggu. Agar asam urat aman terkendali, kita dapat menggantinya dengan sayuran lain yang lebih rendah purin seperti wortel, zucchini atau seledri batang yang lebih aman.

Asam urat yang terlalu banyak menumpuk dalam tubuh bisa mendatangkan banyak masalah kesehatan. Salah satunya, memicu radang sendi. Biar hal itu tak terjadi, Anda perlu menghindari pantangan asam urat.

Cara menurunkan asam urat

Selain menghindari konsumsi berlebih sayuran di atas, penderita asam urat juga perlu melakukan sejumlah kebiasaan baik. Kebiasaan baik ini mampu menurunkan kadar asam urat jika dilakukan secara rutin dan dalam jangka waktu lama.

Diberitakan Kontan.co.id, berikut sejumlah kebiasaan baik untuk menurunkan asam urat:

Pertama, usahakan untuk minum delapan gelas air putih per hari. Menurut On Health, banyak minum air putih mampu membantu tubuh mengeluarkan asam urat lebih banyak.

Kedua, kontrol berat badan karena berat badan berlebih dapat memperparah penyakit asam urat.

Ketiga, konsumsi beberapa jenis buah, apalagi buah ceri. Cobalah untuk makan satu hingga dua porsi buah ceri per hari agar kesehatan terjaga.

Itulah daftar sayuran pantangan penderita asam urat dan kebiasaan baik yang perlu dilakukan untuk menurunkan asam urat. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru