kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45994,16   -8,36   -0.83%
  • EMAS1.136.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jalan Kaki 1 Jam Membakar Berapa Kalori? Simak Jumlah Waktu Ideal Jalan Kaki


Rabu, 27 September 2023 / 13:25 WIB
Jalan Kaki 1 Jam Membakar Berapa Kalori? Simak Jumlah Waktu Ideal Jalan Kaki
ILUSTRASI. Jalan Kaki 1 Jam Membakar Berapa Kalori? Simak Jumlah Waktu Ideal Jalan Kaki


Reporter: Adi Wikanto | Editor: Adi Wikanto

JALAN KAKI 1 JAM MEMBAKAR BERAPA KALORI - Jakarta. Jalan kaki 1 jam membakar berapa kalori? Lalu, olahraga jalan kaki sebaiknya dilakukan berapa lama?

Banyak yang bertanya, "jalan kaki 1 jam membakar berapa kalori?" Pertanyaan ini terutama berasal dari orang yang ingin menurunkan berat badan.

Jalan kaki memang menjadi salah satu pilihan untuk menurunkan berat badan. Apalagi bagi yang selama ini jarang olahraga, jalan kaki lebih mudah dilakukan dan minim risiko.

Lalu, jalan kaki 1 jam membakar berapa kalori?

Dilansir dari Kompas.com, jumlah kalori yang dibakar tergantung dari usia, tinggi, berat badan, intensitas, durasi, dan kecepatan latihan berjalan individu. "Semakin berat bobot kita, semakin banyak kalori yang kita bakar," sebut instruktur kebugaran Nicole Glor.

Ditambahkan Glor, orang yang berbobot 70 kilogram bisa membakar sekitar 100 kalori saat berjalan dengan kecepatan ringan (4 kilometer per jam). Sementara itu, individu berbobot 54 kilogram membakar rata-rata 85 kalori saat berjalan kaki dengan kecepatan yang sama.

Baca Juga: Jalan Kaki Bisa Menurunkan Berat Badan?

Menambah sedikit kecepatan berjalan membantu membakar kalori lebih banyak. Juga, kita bisa menggunakan peralatan ekstra atau berjalan di medan berbeda untuk meningkatkan jumlah kalori yang dibakar. Meski berat badan dapat dikurangi dengan berjalan kaki, ada beberapa faktor seperti genetik, demografis, pola makan, dan gaya hidup yang juga memengaruhi berat badan.

Sebagian faktor seperti gaya hidup dan pola diet bisa dikendalikan, sementara usia, jenis kelamin, dan tingkat metabolisme adalah faktor yang tidak dapat dikendalikan. "Pria cenderung memiliki metabolisme yang lebih cepat, sebagian disebabkan oleh ukuran dan massa otot," kata Ahli diet Shana Maleeff, MA, RD,

Namun, kecepatan tubuh membakar kalori bisa menurun seiring bertambahnya usia, di mana kita menjadi kurang aktif dan kehilangan massa otot.

Jalan kaki sebaiknya berapa lama?

Kompas.com juga memberitakan, olahraga jalan kaki tidak perlu dilakukan selama satu jam karena manfaatnya sudah bisa didapatkan meskipun hanya dilakukan selama 10 menit. 

Dilansir dari NHS, olahraga jalan kaki yang dilakukan setidaknya selama 10 menit sehari sudah dapat memenuhi kebutuhan olahraga 150 menit dalam seminggu. 

Melakukan olahraga secara teratur, setidaknya selama 150 menit seminggu, akan berguna untuk mendukung kesehatan tubuh secara umum, termasuk kesehatan mental. 

Pasalnya, tidak semua orang memiliki waktu yang cukup untuk berolahraga karena kesibukan yang dimiliki. 

Meskipun begitu, meluangkan waktu sedikit untuk berjalan kaki, atau setidaknya 10 menit dalam sehari, sudah dapat memberikan manfaat untuk tubuh. 

Manfaat jalan kaki untuk kesehatan 

Olahraga jalan kaki memiliki intensitas yang lebih ringan jika dibandingkan dengan jenis olahraga yang lainnya. 

Meskipun begitu, jenis olahraga ini tetap memberikan manfaat untuk kesehatan. 

Melansir Mayo Clinic, ada beberapa manfaat jalan kaki untuk kesehatan, seperti: 

  • Menjaga berat badan ideal dan mengurangi lemak di tubuh 
  • Mencegah atau mengatasi beberapa jenis masalah kesehatan, seperti penyakit jantung, stroke, tekanan darah tinggi, kanker, dan diabetes tipe 2 
  • Meningkatkan kesehatan kardiovaskular Meningkatkan kekuatan otot dan tulang Meningkatkan daya tahan otot 
  • Meningkatkan energi 
  • Meningkatkan suasana hati, kemampuan kognitif, daya ingat, dan kualitas tidur
  • Meningkatkan keseimbangan dan koordinasi tubuh 
  • Meningkatkan sistem imun 
  • Mengurangi rasa stres dan ketegangan Meskipun olahraga jalan kaki bisa dilakukan setidaknya selama 10 menit, Anda tetap diimbau untuk meningkatkan intensitas serta durasi jalan kaki untuk mendapatkan manfaat yang lebih besar. 

Anda juga bisa melakukan latihan interval untuk mendapatkan manfaat yang lebih besar, yakni dengan menggabungkan latihan jalan kaki dengan intensitas rendah dengan intensitas yang tinggi. 

Jenis latihan interval ini akan memberikan lebih banyak manfaat untuk kesehatan, seperti meningkatkan kesehatan kardiovaskular dan membakar lemak lebih banyak dibandingkan dengan berjalan kaki seperti biasa. 

Memahami berapa lama jalan kaki yang baik sangatlah penting karena jenis olahraga ini tidak perlu dilakukan selama satu jam penuh. 

Anda yang tidak terbiasa berolahraga bisa mulai dengan waktu yang lebih singkat dan menambahnya secara bertahap untuk mendapatkan manfaat yang lebih besar.

Itulah penjelasan dari pertanyaan banyak orang "jalan kaki 1 jam membakar berapa kalori". Ingat, jalan kaki tidak harus satu jam. Yang penting Anda rutin melakukan jalan kaki setiap hari.

Selanjutnya: Atasi DBD Lewat Kenali Gejala dan Vaksinasi

Menarik Dibaca: Atasi DBD Lewat Kenali Gejala dan Vaksinasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×