kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45697,73   -32,02   -4.39%
  • EMAS946.000 -1,77%
  • RD.SAHAM -0.69%
  • RD.CAMPURAN -0.34%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Jahe langka dan mahal, berikut makanan yang baik untuk daya tahan tubuh


Selasa, 24 Maret 2020 / 02:00 WIB
Jahe langka dan mahal, berikut makanan yang baik untuk daya tahan tubuh

Reporter: kompas.com | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - Jahe sempat langka di pasaran. Banyak orang yang memburunya lantaran bisa meningkatkan kekebalan tubuh untuk menghadapi virus corona baru. 

Nutrition Expert YOUVIT Puteri Aisyaffa mengatakan, jahe memang bisa meningkatkan sistem imum melalui kandungan zinc dan zat besi. 

Dari beberapa penelitian, jahe bisa merangsang respons defensif pada pernafasan atas dan mukosa atas, sehingga membantu menangkis infeksi. 

Tapi, yang bisa membantu meningkatkan sistem daya tahan tubuh tidak hanya jahe. Aisya menyebutkan beberapa alternatif yang juga bisa Anda coba. 

"Sebenarnya, secara alami tubuh kita sudah memiliki sistem imun yang bertugas untuk mendeteksi dan mengeliminasi pathogen seperti virus yang masuk ke dalam tubuh," kata dia. 

"Namun, sistem imun ini tentunya harus didukung melalui asupan makanan sehat yang seimbang," katanya melalui pernyataan yang Kompas Lifestyle terima. 

Berikut rekomendasi sumber makanan sehat yang bisa membangun daya tahan serta menjauhkan Anda dari virus termasuk virus corona: 

1. Jambu biji

Aisya menjelaskan, jambu biji merupakan buah dengan kandungan vitamin C yang tinggi. Vitamin C memiliki peranan penting sebagai antioksidan dan juga booster sistem kekebalan dalam tubuh. 

Nah, Aisya menyarankan, agar buah ini dikonsumsi tanpa diproses terlebih dulu atau dimakan mentah supaya kandungan vitamin di dalamnya tetap terjaga dan tidak berkurang.

2. Kacang-kacangan dan daging 

Dua bahan makanan ini mengandung zinc yang tinggi. Seperti halnya vitamin C, zinc juga memiliki fungsi meningkatkan sistem daya tahan tubuh. 

Daging merah, ikan dan telur termasuk sumber makanan yang memiliki zinc tinggi. Tentu, Anda harus mengonsumsinya dalam kondisi matang agar bakteri dan virus mati selama proses pemasakan. 

Sedang beberapa jenis kacang, seperti kacang merah, tanah, mete, dan almond, juga tinggi dengan kandungan mineral zinc.




TERBARU

Close [X]
×