kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jaga kondisi tubuh dengan 5 makanan sehat ini, yuk


Jumat, 29 Januari 2021 / 08:30 WIB
Jaga kondisi tubuh dengan 5 makanan sehat ini, yuk
ILUSTRASI. Kiwi termasuk salah satu makanan sehat yang bisa Anda konsumsi.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Salah satu kunci penting untuk menjaga kebugaran tubuh adalah dengan mengonsumsi makanan sehat. Alih-alih mengonsumsi camilan yang dipenuhi dengan pemanis buatan, cobalah untuk mengonsumsi jenis makanan yang terbuat dari bahan alami.

Saat mengonsumsi makanan bergizi, sistem imun tubuh menjadi kuat sehingga penyakit pun sulit menginfeksi. Selain menghindarkan dari penyakit, makanan yang dipenuhi gizi juga mampu mengontrol berat badan Anda.

Ada banyak jenis makanan yang bisa Anda konsumsi sehari-hari untuk menjaga kesehatan. Mulai dari buah, sayur, biji-bijian, daging, dan lain sebagainya. Usahakan untuk mengolah jenis makanan tersebut dengan cara yang sehat pula agar kandungan nutrisinya tidak hilang.

Oatmeal

Makanan bergizi pertama yang bisa Anda konsumsi secara rutin adalah oatmeal. Mengutip dari Real Simple (realsimple.com), oatmeal mampu mengontrol jumlah kolesterol dalam tubuh. Artinya, kesehatan jantung Anda akan tetap terjaga.

Oatmeal juga mengandung serat yang bisa menekan rasa lapar Anda. Dengan begitu, keinginan untuk mengonsumsi kalori berlebih bisa berkurang. Anda bisa mengkombinasikan oatmeal dengan buah atau sayur agar terasa lebih lezat.

Baca Juga: Biji alpukat efektif mengobati diabetes melitus, benarkah?

Alpukat

Alpukat termasuk salah satu jenis makanan sehat.

Bukan rahasia lagi kalau alpukat termasuk dalam salah satu makanan sehat yang bisa Anda konsumsi secara rutin. Sama seperti oatmeal, kolesterol dalam tubuh bisa turun dengan mengonsumsi jenis buah ini. Makan 1.5 gelas alpukat pun mampu memenuhi sekitar 20% kebutuhan serat harian.

Yogurt Greek

Real Simple mengatakan bahwa yogurt greek mengandung banyak probiotik. Probiotik adalah salah satu jenis bakteri yang baik untuk sistem pencernaan. Selain itu, probiotik juga mampu meningkatkan sistem imun tubuh.

Berbeda dari yogurt biasa, yogurt greek mengandung 8 g protein yang lebih banyak. Ada berbagai macam hidangan yang bisa Anda olah bersama dengan yogurt greek. Namun, pastikan untuk tidak menambah pemanis buatan, ya.

Baca Juga: Tetap sehat, ini 4 pilihan makanan yang mengandung lemak

Telur

Makanan sehat selanjutnya yang bisa Anda konsumsi adalah telur. Bagian putih telur dipenuhi dengan protein dan kalori yang sedikit. Sedangkan bagian kuning telur memiliki kandungan vitamin B12, vitamin A, dan nutrisi penting yang diperlukan oleh ibu hamil.

Kiwi

Kiwi termasuk salah satu jenis buah yang mengandung banyak nutrisi. Kiwi mengandung vitamin C dua kali lipat dari buah jeruk. Kandungan kalium yang ada di dalamnya pun hampir sama dengan buah pisang. Anda bisa mengonsumsi kiwi secara langsung atau mengolahnya dulu menjadi salad atau smoothie.

Selanjutnya: Jus buah dan sayur yang bisa menurunkan tekanan darah tinggi, bahannya mudah didapat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×