kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tetap sehat, ini 4 pilihan makanan yang mengandung lemak


Kamis, 28 Januari 2021 / 10:41 WIB
Tetap sehat, ini 4 pilihan makanan yang mengandung lemak
ILUSTRASI. Alpukat adalah salah satu makanan yang mengandung lemak.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tubuh tetap membutuhkan asupan lemak agar bisa berfungsi secara normal. Untuk memenuhi kebutuhan lemak tiap hari, usahakan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung lemak secara rutin. Ada banyak jenis makanan yang bisa Anda pilih.

Mulai dari buah, biji-bijian, cokelat hitam, dan lain sebagainya. Dengan mengonsumsi jenis makanan itu, memori, fungsi hormon, dan penyerapan nutrisi tertentu menjadi lebih maksimal. Tak hanya itu, lemak juga dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Hal yang perlu Anda perhatikan adalah memilih jenis lemak yang sehat untuk tubuh, yaitu lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda. Supaya tak salah, Anda bisa memilih jenis makanan berlemak yang disebutkan dalam artikel ini.

Alpukat

Mengutip dari Medical News Today (medicalnewstoday.com), terdapat 29 g lemak dalam 201 g alpukat. Jenis buah ini juga mengandung banyak lemak tak jenuh tunggal yang bernama asam oleat. Asam oleat berperan sebagai antiinflamasi yang bisa mencegah pertumbuhan sel kanker.

Sebuah penelitian yang dilakukan pada hewan percobaan menunjukkan bahwa asam oleat mampu menjaga kesehatan jantung dan mencegah diabetes. Selain mengandung banyak asam oleat, alpukat juga mengandung banyak serat, lutein, dan kalium.

Baca Juga: Inilah daftar makanan untuk menyembuhkan radang tenggorokan

Chia Seed

Chia seed termasuk dalam makanan yang mengandung lemak. Dalam 1 ons chia seed, Anda bisa mendapat 8.71 g lemak. Tak hanya itu, jenis biji ini pun mengandung banyak asam lemak omega-3 yang penting untuk kesehatan tubuh.

Asam lemak omega-3 dapat membantu meredakan gejala rheumatoid arthtritis dan menurunkan jumlah trigliserida dalam darah. Anda bisa mengolah chia seed menjadi smoothie atau mengkombinasikannya dengan makanan bergizi yang lain.

Cokelat Hitam

Medical News Today mengatakan bahwa 1 ons cokelat hitam mengandung 9 g lemak sehat. Tidak hanya itu, cokelat hitam juga menyediakan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh, seperti kalium, kalsium, dan magnesium.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi cokelat hitam secara rutin mampu menurunkan risiko penyakit jantung. Penelitian lain pun menunjukkan bahwa cokelat hitam dapat meningkatkan fungsi otak.

Baca Juga: Inilah menu makanan yang tepat untuk diet karbo

Telur

Telur termasuk salah satu makanan yang mengandung lemak.

Selain alpukat, chia seed, dan cokelat hitam, telur juga termasuk dalam makanan yang mengandung lemak. Dalam 50 g telur rebus, Anda bisa mendapat 5.3 g lemak sehat. Telur juga mengandung vitamin D dan vitamin B yang mampu meningkatkan fungsi hati, otak, saraf, dan otot.

Selanjutnya: 10 Makanan yang efektif meningkatkan daya tahan tubuh Anda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×