Jaga jarak tak cukup melindungi Anda dari Virus Corona? Cek laporannya

Senin, 03 Mei 2021 | 15:19 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Jaga jarak tak cukup melindungi Anda dari Virus Corona? Cek laporannya

ILUSTRASI. Hanya melakukan jaga jarak tidak cukup menghindarkan Anda dari infeksi Virus Corona. REUTERS/Alkis Konstantinidis

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sampai saat ini, imbauan untuk menerapkan protokol kesehatan tetap perlu Anda lakukan secara disiplin. Apalagi saat Anda berada dalam ruangan dengan ventilasi yang buruk. Namun, tahukah Anda bahwa menjaga jarak dalam ruangan tidak cukup menghindarkan Anda dari infeksi Virus Corona?

Mengutip dari Eatthis.com, menjaga jarak memang mengindarkan Anda dari infeksi Virus Corona yang ada dalam droplet air liur. Namun, hal itu tidak cukup menghindarkan Anda dari Virus Corona yang menyebar melalui aerosol atau partikel kecil di udara.

Untuk meminimalisasi risiko terinfeksi Covid-19, Anda perlu membatasi waktu kunjungan dalam ruangan. Selain itu, pastikan ruangan yang Anda tempati memiliki sirkulasi udara atau ventilasi yang baik.

Tidak berhenti sampai di situ, Anda juga perlu membatasi kegiatan yang bisa meningkatkan risiko tertular Virus Corona. Mulai dari berteriak, bernyanyi, atau olahraga dalam ruangan. Eatthis.com juga mengingatkan Anda untuk memakai masker selama berada di tempat umum.

Baca Juga: Tekankan protokol kesehatan, Jokowi sebut Covid belum usai

Gunakan masker dua lapis supaya proteksi diri lebih maksimal. Pilihlah bahan masker dan ukuran yang nyaman digunakan. Selain itu, Anda juga perlu memerhatikan bagaimana cara memakai dan melepas masker.

Usahakan untuk tidak memegang bagian depan masker supaya tangan Anda tidak terkontaminasi virus atau jenis kuman yang lain. Anda bisa memegang kedua sisi atau tali masker untuk melepas dan memasang masker.

Baca Juga: Waspada, Anda bisa terinfeksi Virus Corona di 5 tempat ini

Pastikan untuk menjaga kebersihan tangan dengan mencucinya memakai sabun dan air mengalir. Jika Anda tidak bisa menggunakan sabun dan air, Anda tetap bisa menjaga kebersihan dengan memanfaatkan hand sanitizer.

Jangan lupa pula untuk mendapat vaksin Covid-19, ya. Vaksin memang tidak bisa membuat tubuh Anda benar-benar kebal dari serangan Virus Corona. Namun, vaksin bisa membuat tubuh lebih kuat sehingga meskipun tertular Covid-19, kondisi tubuh Anda tidak terlalu parah.

Selanjutnya: Catat! Ini 4 alasan bisa tertular Covid-19 meski memakai masker di tengah keramaian

Editor: Belladina Biananda
Terbaru