kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,20   -16,32   -1.74%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jadi obat paru basah, 5 makanan ini perlu Anda konsumsi


Kamis, 25 November 2021 / 15:20 WIB
Jadi obat paru basah, 5 makanan ini perlu Anda konsumsi


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - Paru basah adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan kondisi paru-paru Anda yang dipenuhi cairan. Selain minum obat yang diresepkan dokter, Anda bisa memilih makanan dan minuman yang Anda konsumsi karena beberapa makanan berperan sebagai obat paru basah.

Menumpuknya cairan di paru-paru dipicu karena infeksi yang menyebabkan inflamasi. Selain membuat tidak nyaman, ada banyak gejala paru basah yang dapat Anda alami. Mulai dari sesak napas, demam, batuk, tubuh menggigil, dan lain sebagainya.

Mengutip dari E Times, paru basah lebih banyak dialami oleh orang tua berusia lebih dari 65 tahun atau Anda yang memiliki kondisi sistem imun tubuh kurang sehat. Anda bisa mengonsumsi daftar makanan dan minuman di bawah ini supaya paru basah tak bertambah parah.

Sumber protein

Mengonsumsi makanan yang mengandung banyak protein termasuk salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan paru-paru. Tidak hanya berperan sebagai antiinflamasi, mengonsumsi jenis makanan seperti telur, ikan, dan sumber protein lain pun baik untuk kesehatan jaringan paru-paru.

Baca Juga: Inilah gejala dan obat kanker limfoma DLBCL, penyakit langka diderita Ari Lasso

Air putih

Air putih termasuk salah satu obat paru basah.

Air putih adalah obat paru basah yang sangat mudah untuk Anda temukan. Rajin minum air putih bisa membantu tubuh mengeluarkan lendir yang menumpuk di paru-paru. Tidak berhenti sampai di situ, minum air putih juga menambah jumlah zat beracun yang dikeluarkan tubuh.

Buah sitrus

E Times menyebutkan bahwa buah sitrus bisa digunakan untuk menjaga kesehatan paru-paru. Buah sitrus yang dimaksud seperti jeruk, lemon, jeruk nipis, kiwi, dan lain sebagainya. Rutin mengonsumsi jenis buah itu mampu meningkatkan sistem imun tubuh. Antioksidannya pun bisa melawan infeksi penyakit.

Baca Juga: Anda wajib waspada, berikut ciri-ciri paru basah

Madu

Madu bisa jadi obat paru basah.

Madu jadi obat paru basah berikutnya yang tak boleh terlewat untuk rutin Anda konsumsi. Bukan tanpa alasan, madu memiliki banyak kandungan yang baik untuk kesehatan sistem pernapasan, misalnya antibakteri, antimikroba, dan lain-lain. Dengan mengonsumsi madu, gejala paru basah dapat Anda cegah.

Kunyit

Cara mengobati paru basah berikutnya adalah dengan memanfaatkan kunyit. Antiinflamasi dalam jenis rempah itu mampu meredakan peradangan. Dengan begitu, lendir yang menumpuk di paru-paru bisa berkurang dan nyeri dada pun dapat hilang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×