Jadi obat hipertensi, ini 7 manfaat petai bagi kesehatan

Sabtu, 09 Oktober 2021 | 11:00 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Jadi obat hipertensi, ini 7 manfaat petai bagi kesehatan

KONTAN.CO.ID - Siapa yang suka mengonsumsi petai? Ternya, Anda bisa mendapat banyak manfaat petai bagi kesehatan, lo. Tentu saja Anda perlu mengonsumsinya secara rutin.

Menurut Healthbenefitstimes.com, petai memiliki jumlah protein empat kali lebih banyak dari apel.Tidak berhenti sampai di situ, masih ada segudang nutrisi yang terkandung dalam petai. Mulai dari zat besi, vitamin C, vitamin B2, karbohidrat, kalsium, kalium, serat, hingga fosfor.

Supaya manfaat-manfaat petai bisa Anda dapat dengan maksimal, jangan lupa untuk mengolahnya dengan cara yang sehat, ya. Selain itu, pastikan untuk tidak mengonsumsi petai dalam jumlah berlebihan.

Obat sembelit

Salah satu penyebab sembelit yang cukup sering dialami banyak orang adalah tubuh kekurangan asupan serat. Untuk mengatasi hal itu, cobalah untuk memanfaatkan petai.

Kandungan serat dalam petai efektif mengoptimalkan sistem pencernaan sehingga sembelit bisa terobati dengan baik.

Baca Juga: Asam urat naik? Ini cara menurunkan asam urat secara alami tanpa obat

Menurunkan risiko stroke

Manfaat petai bagi kesehatan selanjutnya adalah menurunkan risiko kematian akibat stroke. Menurut sebuah penelitian, makan petai setiap hari bisa menurunkan risiko tersebut hingga 40%.

Tentu saja, Anda tetap perlu membicarakan hal itu dengan dokter supaya hasilnya bisa maksimal.

Meredakan mual

Salah satu kondisi yang kerap muncul saat hamil adalah mual, apalagi di pagi hari. Anda bisa menggunakan petai untuk mengobati masalah itu.

Tak hanya meredakan mual, rutin mengonsumsi petai juga efektif mengontrol jumlah gula darah dalam tubuh Anda saat hamil.

Menurunkan tekanan darah tinggi

Salah satu manfaat petai bagi kesehatan adalah menjadi obat hipertensi.

Mengutip dari Healthbenefitstimes.com, petai merupakan bahan alami dengan kandungan kalium tinggi dan rendah natrium. Artinya, petai bisa Anda gunakan sebagai makanan untuk penderita hipertensi karena bisa menurunkan tekanan darah.

Baca Juga: Baik untuk kesehatan tulang, ini manfaat jus mentimun untuk kesehatan

Obat depresi

Salah satu manfaat petai bagi kesehatan adalah dijadikan obat depresi.

Manfaat petai bagi kesehatan berikutnya cocok digunakan oleh Anda yang depresi.

Salah satu jenis protein dalam petai diubah tubuh menjadi serotonin yang bisa membuat sistem saraf rileks dan meningkatkan mood. Dengan begitu, depresi bisa teratasi dengan lebih baik.

Mengobati anemia

Petai mengandung zat besi. Nah, mengonsumsi makanan kaya zat besi bisa meningkatkan produksi hemoglobin dalam tubuh sehingga gejala anemia atau penyakit kurang darah dapat Anda cegah.

Menghentikan Kebiasaan Merokok

Apakah Anda ingin menghentikan kebiasaan merokok? Jika iya, tak ada salahnya untuk mulai makan petai secara teratur. 

Bukan tanpa alasan. Petai mengandung vitamin B6, kalium, magnesium, dan vitamin B12 yang bisa membantu tubuh menghadapi efek penghentian nikotin.

Nah, itulah beberapa manfaat yang bisa Anda dapat dari mengonsumsi petai. Supaya efeknya lebih maksimal, usahakan untuk mengonsultasikannya dulu ke dokter, ya.

Selanjutnya: Mengandung banyak vitamin, ini efek samping tomat untuk kesehatan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru