kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Inilah ragam manfaat terapi bekam


Rabu, 09 September 2020 / 18:55 WIB
Inilah ragam manfaat terapi bekam


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bekam termasuk salah satu pengobatan tradisional yang berkembang di Indonesia. Terapi bekam adalah jenis terapi yang menstimulasi energi melalui jalur meridian dalam tubuh.

Ada banyak manfaat terapi bekam yang bisa Anda dapatkan. Mulai dari menjaga kesehatan kulit, mengobati masalah pernapasan, dan lain sebagainya.

Terapi bekam menggunakan wadah berbentuk seperti gelas yang terbuat dari plastik, bambu, atau kaca. Sebelum terapi dimulai, minyak akan dioleskan pada kulit pasien untuk memudahkan gerakan gelas selama terapi.

Bagaimana cara kerja terapi bekam? Mengutip dari Rejuv Medspa, kain yang dibasahi alkohol akan dioleskan pada gelas untuk menghilangkan udara sehingga terbentuk ruang hampa. Setelah itu, gelas langsung diletakkan di atas jalur meridian.

Biasanya, terapi bekam diletakkan pada punggung, tapi tak menutup kemungkinan terapi juga dilakukan di bagian tubuh yang lain. Ruang hampa menyebabkan kulit tertarik ke dalam gelas sehingga sirkulasi darah dan energi menjadi lebih baik.

Baca Juga: 5 Obat jerawat alami yang bisa Anda gunakan

Manfaat Terapi Bekam

Manfaat terapi bekam didapat dari meningkatnya sirkulasi darah dan energi dalam tubuh. Rejuv Medspa menyebutkan beberapa manfaat terapi bekam yang bisa Anda dapat. Pertama, terapi bekam bermanfaat untuk mengobati berbagai jenis penyakit.

Artritis, sakit punggung bagian bawah, sakit kepala, dan sakit gigi adalah beberapa jenis penyakit yang bisa disembuhkan dengan terapi bekam. Pada penyakit artritis, terapi bekam juga dilakukan pada bagian sendi yang sakit.

Manfaat terapi bekam juga bisa Anda dapat untuk mengurangi rasa lelah, apalagi bagi Anda yang tak punya banyak waktu untuk istirahat. Terapi bekam bisa jadi salah satu cara efektif untuk meredakan rasa lelah agar tak semakin parah.

Baca Juga: 5 Jenis penyakit kulit yang umum terjadi

Manfaat terapi bekam adalah meningkatkan sirkulasi darah sehingga distribusi oksigen dan nutrisi semakin baik. Hal itu membuat kondisi kulit jadi lebih sehat. Jerawat, eksim, dan selulit bisa berkurang karena terapi bekam.

Rejuv Medspa mengatakan bahwa terapi bekam juga bermanfaat untuk mengatasi masalah pencernaan dan penyakit di saluran kencing. Tak hanya itu, manfaat terapi bekam juga bisa memberikan efek relaksasi.

Selanjutnya: Sering merasa nyeri? Ini gejala rematik yang wajib Anda ketahui

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×