Inilah pengertian tummy time dan manfaatnya untuk bayi

Selasa, 19 Januari 2021 | 13:46 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Inilah pengertian tummy time dan manfaatnya untuk bayi

ILUSTRASI. Inilah pengertian tummy time dan manfaatnya untuk bayi.

KONTAN.CO.ID -  Salah satu cara untuk melatih perkembangan bayi adalah dengan melakukan tummy time. Tummy time adalah saat Anda meletakkan bayi dengan posisi tengkurap agar ia bermain. 

Saat melakukan aktivitas ini, pastikan Anda juga mengawasi buah hati. Sangat disarankan untuk melakukan aktivitas ini saat buah hati sudah terbangun penuh. 

Bersumber dari The Bump, membiarkan buah hati tengkurap sangat bermanfaat membantu perkembangan leher dan kepala. Selain itu, posisi ini juga membantu membentuk otot pada kepala, leher, tangan, dan pundak bayi. 

Baca Juga: Hati-Hati! Ini 6 tanda hubungan Anda sudah tidak lagi sehat

Manfaat tummy time

Selain melatih kekuatan otot bayi, tummy time juga memberikan beragam manfaat. Ei Ye Mon, MD, dokter anak melalui Cleveland Clinic, mengatakan perkembangan motorik pada anak dapat terbantu dengan melakukan kegiatan ini setiap hari.  

Anak yang jarang tengkurap menunjukkan keterlambatan dalam perkembangan motorik. Bayi yang terbiasa melakukan tummy time menunjukkan perkembangan tulang tengkorak yang baik. 

Jika terlalu sering berbaring terlentang, tengkorak bayi bisa mengalami kelainan. Tengkorak bayi bisa berubah menjadi datar atau plagiocephaly. 

Ye Mon juga menyampaikan jika tengkurap bisa membantu perkembangan sensorik bayi. Buah hati bisa merasakan pengalaman di posisi dan pergerakan yang berbeda. Dengan tummy time, buah hati juga tahu bagaimana tangan dan kakinya bergerak. 

Editor: Tiyas Septiana
Terbaru