kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Inilah Pantangan dan 10 Minuman Terbaik untuk Penderita Diabetes Melitus


Kamis, 03 Maret 2022 / 15:43 WIB
Inilah Pantangan dan 10 Minuman Terbaik untuk Penderita Diabetes Melitus
ILUSTRASI. Inilah Pantangan dan 10 Minuman Terbaik untuk Penderita Diabetes Melitus


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Ada sejumlah minuman yang menjadi pantangan untuk penderita diabetes melitus. Namun ada pula minuman terbaik yang perlu diminum oleh penderita diabetes melitus.

Minuman pantangan penderita diabetes tentunya adalah minuman yang mengandung gula. Selain itu, minuman ringan dengan soda dan berpemanis juga menjadi pantangan penderita diabetes melitus.

Sedangkan minuman untuk penderita diabetes adalah minuman yang membantu menurunkan kadar gula dalam darah. Mengutip Healthline, American Diabetes Association (ADA) merekomendasikan minuman nol kalori atau rendah kalori untuk penderita diabetes. Alasan utamanya adalah untuk mencegah lonjakan gula darah.

Memilih minuman yang tepat dapat membantu penderita diabetes melitus bermanfaat untuk:

  • Menghindari efek samping yang tidak menyenangkan, seperti lonjakan gula darah
  • Mengelola gejala diabetes
  • Menjaga berat badan terkendali.

Berikut macam minuman terbaik untuk penderita diabetes melitus yang direkomendasikan:

1. Air mineral

Minuman pertama yang terbaik untuk penderita diabetes melitus adalah air mineral. Mengutip Healthline, air mineral baik untuk penderita diabetes karena tidak akan meningkatkan kadar gula darah.

Minum cukup air mineral dapat membantu tubuh menghilangkan kelebihan glukosa melalui urin. Institute of Medicine merekomendasikan pria dewasa minum sekitar 13 cangkir (3,08 liter) sehari dan wanita minum sekitar 9 cangkir (2,13 liter).

Baca Juga: Hari Pendengaran Sedunia, Begini Cara Melindungi Pendengaran Menurut WHO

2. Air seltzer

Minuman kedua yang terbaik untuk penderita diabetes melitus adalah air seltzer. Mengutip Healthline, air seltzer adalah minuman alternatif berkarbonasi yang bebas gula. Seperti air biasa, air seltzer bebas kalori, karbohidrat, dan gula.

Air berkarbonasi adalah cara yang bagus untuk tetap terhidrasi dan mendukung kadar gula darah yang sehat. Ada banyak rasa dan varietas yang berbeda untuk dipilih. Kita juga dapat mencoba menambahkan beberapa buah dan rempah segar untuk memberi minuman berasa sesuai selera. 

3. Teh

Minuman ketiga yang terbaik untuk penderita diabetes melitus adalah teh. Mengutip Healthline, menurut riset teh, memiliki efek positif pada kesehatan tubuh, termasuk untuk penderita diabetes. Macam-macam teh meliputi: Teh hijau, Teh hitam, Teh putih, Teh oolong.

Sebuah studi besar pada 2021 terhadap lebih dari 0,5 juta orang menemukan bahwa konsumsi teh hijau setiap hari dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2. Namun, diperlukan lebih banyak penelitian.

Perlu dicatat, bahwa minum teh yang terbaik untuk kesehatan penderita diabetes melitus adalah tanpa gula tambahan. Untuk mendapatkan rasa yang menyegarkan, bisa menambahkan es atau beberapa irisan lemon.

4. Teh herbal

Minuman keempat yang terbaik untuk penderita diabetes melitus adalah teh herbal. Mengutip Healthline, varietas teh herbal yang menjadi pilihan yang sangat baik untuk penderita diabetes, meliputi: Teh chamomile, Teh kembang sepatu, Teh jahe, Teh peppermint.

Teh herbal tidak hanya bebas karbohidrat, kalori, dan gula, tetapi juga kaya akan senyawa antioksidan penangkal penyakit, termasuk karotenoid, flavonoid, dan asam fenolik.

5. Kopi tanpa pemanis

Minuman kelima yang terbaik untuk penderita diabetes melitus adalah kopi tanpa pemanis. Mengutip Healthline, ulasan studi 2019 menemukan bahwa minum kopi dapat membantu menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2 dengan meningkatkan metabolisme gula.

Seperti halnya teh, penting agar kopi tidak diberi tambahan pemanis tambahan. Menambahkan susu, krim, atau gula ke kopi dapat meningkatkan jumlah kalori secara keseluruhan dan dapat memengaruhi kadar gula darah.

6. Susu rendah lemak

Minuman keenam yang terbaik untuk penderita diabetes melitus adalah susu rendah lemak. Mengutip Healthline, susu mengandung vitamin dan mineral penting, tetapi susu dapat menambahkan karbohidrat.

Jadi penting untuk memilih susu tanpa pemanis, rendah lemak, atau skim dan direkomendasikan untuk mengkonsumsinya tidak lebih dari 2-3 gelas 8 ons sehari.

7. Susu nabati

Minuman ketujuh yang terbaik untuk penderita diabetes melitus adalah susu nabati. Mengutip Eat This, Seema Bonney, pendiri dan direktur Anti-Aging & Longevity Center of Philadelphia, menyarankan untuk memilih susu nabati tanpa pemanis untuk penderita diabetes.

"Penelitian telah menunjukkan bahwa protein hewani terkait dengan resistensi insulin," ujar Bonney. Susu nabati contohnya meliputi susu kedelai, almond, atau santan.

8. Kombucha

Minuman kedelapan yang terbaik untuk penderita diabetes melitus adalah kombucha. Mengutip Healthline, kombucha adalah minuman fermentasi yang biasanya terbuat dari teh hitam atau teh hijau.

Kombucha bagus untuk penderita diabetes melitus tipe 2 karena dapat meningkatkan kontrol gula darah. Khasiat itu didapat karena kombucha adalah sumber probiotik, jenis bakteri menguntungkan yang ditemukan di usus.

Meskipun kandungan nutrisi yang tepat dapat bervariasi tergantung pada jenis, merek, dan rasa tertentu, porsi 1 cangkir kombucha biasanya mengandung sekitar 7 gram karbohidrat. Hal itu menjadikannya pilihan tepat untuk diet rendah karbohidrat.

9. Jus jeruk

Minuman kesembilan yang terbaik untuk penderita diabetes melitus adalah jus jeruk. Mengutip Medical News Today, jus jeruk murni baik untuk penderita diabetes, tetapi dalam jumlah kecil. Ukuran porsi adalah faktor kunci untuk mengatur asupan karbohidrat saat minum jus dengan makanan.

Dalam jus buah mengandung gula dari buah. Misalnya, satu cangkir 248 gram jus jeruk murni mengandung 26 gram karbohidrat, yang hampir 21 gram adalah gula. Minum jus saja dapat menyebabkan lonjakan gula darah, tetapi mengonsumsinya dengan makanan lain, terutama protein atau lemak sehat dapat membantu mencegah hal ini.

10. Limun

Minuman ke-10 yang terbaik untuk penderita diabetes melitus adalah limun. Mengutip Healthline, limun bebas gula menjadi minuman baik untuk penderita diabetes lainnya. Sebab, minuman segar ini rendah karbohidrat.

Itulah minuman pantangan dan daftar minuman terbaik untuk penderita diabetes melitus.Jangan lupa penderita diabetes harus minum obat gula darah dari dokter secara rutin.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "10 Minuman Terbaik untuk Penderita Diabetes",


Penulis : Shintaloka Pradita Sicca
Editor : Shintaloka Pradita Sicca

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×