Inilah efek samping kunyit yang sebaiknya Anda hindari

Sabtu, 27 Maret 2021 | 11:20 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Inilah efek samping kunyit yang sebaiknya Anda hindari

KONTAN.CO.ID - Anda bisa memanfaatkan kunyit untuk menyedapkan rasa masakan hingga menjaga kesehatan tubuh Anda. Meski demikian, Anda tetap perlu berhati-hati terhadap efek samping kunyit.

Mengutip Drugs.com, kandungan dalam kunyit mampu menurunkan jumlah kolesterol, mengurangi gatal akibat penyakit ginjal kronis, dan mengurangi rasa sakit akibat osteoartritis.

Tidak berhenti sampai di situ, masih banyak penyakit yang bisa diatasi dengan kunyit. Namun, dibutuhkan lebih banyak penelitian untuk benar-benar membuktikan manfaat tersebut.

Untuk mendapat manfaat kunyit tersebut, Anda bisa mengonsum kunyit secara langsung atau mengonsumsinya dalam bentuk suplemen.

Baca Juga: Manfaat temulawak untuk kesehatan: menurunkan kolesterol sampai asam urat

Efek samping kunyit

Sebelum mengonsumsi suplemen kunyit, ada baiknya bagi Anda untuk berkonsultasi dulu dengan dokter. Apalagi, jika ada beberapa jenis penyakit yang Anda alami, mulai dari diabetes, kanker payudara, hingga tubuh kekurangan zat besi.

Ka;au Anda sudah mendapat izin dokter untuk mengonsumsi suplemen kunyit, jangan lupa untuk mengikuti saran pemakaian atau dosis yang sudah ditetapkan dokter. Mengonsumsi suplemen kunyit tanpa arahan dokter dapat memicu berbagai macam efek samping.

Contoh, memar, pendarahan yang tidak berhenti, jumlah gula darah meningkat, diare, mual, dan muntah. Jika muncul reaksi alergi, seperti muncul ruam atau Anda mengalami sesak napas, segera hubungi tenaga kesehatan supaya Anda bisa mendapat perawatan yang tepat.

Baca Juga: 11 Manfaat kunyit untuk kesehatan, mencegah diabetes sampai serangan jantung

Cara menghindari efek samping kunyit

Selain mengikuti saran dokter, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan supaya terhindar dari efek samping mengonsumsi kunyit.

Pertama, konsumsi kunyit berpengaruh pada kemampuan tubuh menyerap zat besi. Jadi, Anda perlu berhati-hati saat mengonsumsi suplemen penambah zat besi.

Kedua, hindari konsumsi suplemen kunyit saat Anda mengonsumsi suplemen herbal yang berpengaruh pada penggumpalan darah.

Ketiga, usahakan untuk tidak mengonsumsi suplemen kunyit saat Anda mengonsumsi suplemen penurun gula darah.

Obat yang berpengaruh pada asupan kunyit

Anda perlu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi kunyit. Apalagi, jika Anda sedang mengonsumsi beberapa jenis obat.

Beberapa jenis obat yang Drugs.com sebutkan adalah obat depresi, obat asma, obat diabetes, obat sakit kepala, dan obat hipertensi.

Selanjutnya: Efek samping daun pepaya untuk kesehatan bila dikonsumsi berlebihan

Editor: Belladina Biananda
Terbaru