Inilah Angka Kadar Asam Urat Normal untuk Laki-laki dan Perempuan, Sudah Tahu?

Rabu, 06 Juli 2022 | 04:39 WIB Sumber: Kompas.com
Inilah Angka Kadar Asam Urat Normal untuk Laki-laki dan Perempuan, Sudah Tahu?

ILUSTRASI. Melakukan pengecekan asam urat adalah salah satu hal penting dilakukan untuk memastikan kondisi kesehatan tubuh seseorang.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Penderita asam urat sudah pasti harus memperhatikan makanan yang dikonsumsinya. Jika tidak, bisa terjadi peningkatan asam urat pada tubuh yang menimbulkan nyeri hebat di bagian sendi.

Asam urat adalah salah satu produk limbah yang dihasilkan dari proses pencernaan makanaan. Melakukan pengecekan asam urat adalah salah satu hal penting dilakukan untuk memastikan kondisi kesehatan tubuh seseorang.

Penyakit asam urat adalah radang sendi yang menyakitkan dan disebabkan oleh terbentuknya kristal asam urat di dalam sendi dan sekitar persendian.

Kadar asam urat pada laki-laki dan perempuan

Kadar asam urat diukur dalam miligram (mg) dan darah dalam desiliter, sehingga satuan pengukuran asam urat adalah mg/dL. Kisaran kadar asam urat normal pada laboratorium biasanya berbeda-beda.

Akan tetapi, secara umum, kadar asam urat yang normal sebagai berikut:

  • Perempuan adalah tak lebih dari 6 mg/dL
  • Pria adalah tak lebih dari 7 mg/dL.

Tes asam urat dilakukan dalam beberapa menit dengan menggunakan pengambilan darah.

Baca Juga: Efektif Meredakan Asam Urat Tinggi, Ini Manfaat Secang untuk Kesehatan.

Gejala asam urat

Dikutip dari Grid, berikut sejumlah gejala asam urat tinggi yang harus diwaspadai.

1. Nyeri di jempol kaki

Dilansir dari Creaky Joints, ketika asam urat tinggi kambuh, nyeri yang terasa di jempol kaki menjadi gejala yang harus diperhatikan. Ketika tubuh tidak bisa lagi memecahkan asam urat, maka hal itu akan menumpuk dan menjadi kristal. Kristal itu bisa berpindah ke jempol kaki, di mana mereka diserang oleh tubuh sebagai penyerbu asing.

2. Nyeri di lutut, pergelangan tangan, dan siku

Tak hanya di jempol, asam urat juga bisa menumpuk di setiap sendi pada bagian tubuh manapun. Beberapa orang mungkin merasakan nyeri di satu sendi saja, misalnya di salah satu sisi lutut. Namun, 25 persen penderita asam urat mengalami gejala “poliartikular”, di mana bisa merasakan nyeri lebih dari satu sendi.

Baca Juga: Begini Cara Mengonsumsi Minyak Sereh agar Efektif Menurunkan Kolesterol Tinggi

Saat nyeri dirasakan di banyak sendi, sangat sulit untuk diketahui apa penyebabnya. Apalagi asam urat bisa meniru kondisi lain, seperti rematik.

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru