kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Inilah 6 Rekomendasi Buah Penurun Tekanan Darah Tinggi


Kamis, 20 Januari 2022 / 13:01 WIB
Inilah 6 Rekomendasi Buah Penurun Tekanan Darah Tinggi
ILUSTRASI. Ada banyak pilihan buah penurun tekanan darah tinggi.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - Salah satu cara supaya hipertensi tak bertambah adalah dengan rutin mengonsumsi buah penurun tekanan darah tinggi. Anda tidak perlu khawatir karena ada banyak jenis buah yang bisa Anda jadikan pilihan.

Melansir Cardiamin, orang dewasa sebaiknya mengonsumsi empat hingga lima porsi buah per hari. Tujuannya, supaya kebutuhan tubuh akan vitamin dan mineral bisa tercukupi.

Supaya jumlah itu bisa terpenuhi, cobalah untuk mengatur jadwal makan buah Anda. Campurkan buah pada menu sarapan yang Anda konsumsi.

Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi buah sebagai makanan ringan. Jika Anda kesulitan untuk memilih buah apa yang bisa mengontrol tekanan darah, berikut beberapa jenis buah yang bisa Anda jadikan pilihan.

Stroberi

Bagi penderita hipertensi, cobalah untuk mengonsumsi buah stroberi secara rutin. Vitamin C dan antioksidan yang terdapat di dalamnya menjadikan stroberi cocok dimasukkan dalam daftar buah penurun tekanan darah tinggi.

Baca Juga: Jadi Obat Jerawat, Simak 6 Manfaat Buah Nanas Ini, Yuk

Jeruk

Apakah Anda suka mengonsumsi jeruk? Buah yang dipenuhi dengan vitamin C ini bisa Anda jadikan opsi untuk menurunkan tekanan darah.

Anda bisa mendapat sekitar 326 mg kalium dari mengonsumsi satu buah jeruk. Selain itu, buah jeruk juga tak mengandung banyak sodium sehingga cocok dikonsumsi penderita hipertensi.

Bluberi

Selain stroberi, bluberi juga bisa menurunkan tekanan darah tinggi Anda, lo. Ada berbagai macam nutrisi dalam bluberi yang efektif mencegah penyumbatan aliran darah. Mulai dari vitamin C, vitamin K, hingga mangan.

Alpukat

Anda bisa menggunakan alpukat sebagai buah penurun tekanan darah tinggi.

Alpukat tidak boleh ketinggalan dari daftar buah penurun tekanan darah tinggi yang perlu Anda coba. Jenis buah ini mengandung vitamin C, vitamin A, vitamin K, dan jenis nutrisi lain yang baik untuk kesehatan jantung.

Tidak berhenti sampai di situ, alpukat juga dipenuhi dengan asam lemak omega-3 yang mampu menurunkan risiko penyakit jantung. Alpukat pun tidak mengandung banyak kolesterol sehingga aliran dalam tubuh bisa tetap lancar.

Baca Juga: Mudah Dibuat Sendiri! Ini Jus yang Bikin Tekanan Darah Tinggi Ambrol

Semangka

Semangka mengandung banyak nutrisi yang berguna untuk mengontrol tekanan darah. Mulai dari magnesium, vitamin C, hingga vitamin A. Mengonsumsi semangka juga bisa menghindarkan tubuh Anda dari dehidrasi karena kandungan airnya yang cukup tinggi.

Pisang

Cardiamin merekomendasikan pisang untuk menurunkan tekanan darah. Sama seperti jenis buah yang lain, pisang memiliki kandungan kalium yang cukup tinggi. Dalam satu buah pisang, Anda bisa mendapat sekitar 422 mg kalium.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×