Kesehatan Umum

Inilah 5 penyebab anemia yang sebaiknya Anda ketahui

Kamis, 24 Juni 2021 | 10:27 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Inilah 5 penyebab anemia yang sebaiknya Anda ketahui

ILUSTRASI. Mengetahui faktor apa saja yang jadi penyebab anemia berguna supaya Anda bisa mendapat perawatan yang tepat.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Anemia adalah suatu penyakit di mana ukuran, jumlah, dan fungsi sel darah merah dalam tubuh terganggu. Tentu saja Anda perlu mengetahui faktor apa saja yang jadi penyebab anemia. Dengan begitu, Anda bisa mendapat perawatan yang tepat.

Salah satu faktor yang bisa menyebabkan anemia adalah pola hidup tidak sehat. Misalnya, kebiasaan mengonsumsi alkohol atau mengonsumsi makanan yang kurang bergizi. Terlalu banyak mengonsumsi alkohol dapat mengganggu fungsi organ dalam tubuh. Hal itulah yang membuat Anda mengalami anemia.

Sering terpapar bahan kimia berbahaya atau hidup di lingkungan yang kurang baik juga dapat meningkatkan risiko anemia. Selain beberapa hal yang telah disebutkan, tentu saja masih banyak faktor lain yang menyebabkan Anda menderita anemia.

Genetik

Mengutip dari Very Well health (verywellhealth.com), gen berpengaruh pada penyakit anemia yang Anda alami. Penyakit itu bisa memburuk dalam waktu singkat saat Anda stres atau terinfeksi penyakit tertentu. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter jika anggota keluarga yang lain pernah mengalami penyakit yang sama.

Baca Juga: Sakit kepala hingga kulit pucat, inilah 5 gejala anemia

Tubuh Kekurangan Vitamin B12

Salah satu penyebab anemia yang biasa terjadi adalah tubuh yang kekurangan vitamin B12. Vitamin B122 dibutuhkan tubuh untuk memproduksi sel darah merah. Jika jumlahnya kurang, tentu saja produksi sel darah merah tak bisa maksimal.

Alih-alih mengonsumsi junk food atau makanan yang tak sehat lainnya, cobalah untuk mengonsumsi makanan hewani, seperti daging merah. Rutin mengonsumsi jenis makanan itu bisa menambah jumlah vitamin B12 dalam tubuh.

Tubuh Kekurangan Zat Besi

Selain kekurangan vitamin B12, tubuh yang kekurangan zat besi jadi penyebab anemia lainnya yang dapat Anda alami. Zat besi berperan untuk memproduksi hemoglobin, salah satu protein dalam sel darah merah yang bertugas untuk mendistribusikan oksigen.

Untuk menghindari kondisi yang tidak diinginkan, ada baiknya bagi Anda untuk meningkatkan asupan makanan yang kaya zat besi. Mulai dari sayuran hijau, seafood, atau daging merah. Mengonsumsi suplemen zat besi juga bisa Anda coba, tapi pastikan untuk berkonsultasi dulu dengan dokter, ya.

Baca Juga: Cara mengenali kekurangan vitamin B12, cermati efek samping yang ditimbulkan

Menstruasi

Menstruasi termasuk salah satu penyebab anemia.

Very Well Health menyebutkan bahwa darah menstruasi yang keluar terlalu banyak dapat menyebabkan anemia. Saat siklus menstruasi terjadi, Anda mungkin akan mengalami beberapa gejala anemia, seperti pusing, kulit nampak pucat, dan lain sebagainya.

Jenis Obat Tertentu

Mengonsumsi jenis obat tertentu juga bisa menyebabkan anemia, lo. Jika Anda mengalami ciri-ciri anemia setelah mengonsumsi jenis obat tertentu, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter. Nantinya, dokter akan memberikan saran yang sesuai untuk mengatasi kondisi Anda.

Selanjutnya: Ini penyebab mimisan yang bisa dialami orang dewasa dan anak-anak

Editor: Belladina Biananda
Terbaru