Inilah 5 manfaat susu kedelai yang berguna untuk kesehatan

Kamis, 17 Desember 2020 | 12:29 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Inilah 5 manfaat susu kedelai yang berguna untuk kesehatan

ILUSTRASI. Ada banyak manfaat susu kedelai yang bisa Anda dapat. REUTERS/Daniel Acker/File Photo

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Susu kedelai adalah salah satu minuman yang mengandung banyak nutrisi. Mulai dari serat, protein, asam lemak, dan mineral. Selain memberikan Anda energi setiap hari, ada banyak manfaat susu kedelai lain yang bisa Anda dapatkan.

Menurunkan Berat Badan

Sebaiknya, konsumsi susu kedelai secara rutin jika ingin menurunkan berat badan. Jenis susu ini memiliki kandungan gula yang lebih sedikit dibanding susu sapi. Segelas susu sapi mengandung 12 g gula, sedangkan satu gelas susu kedelai hanya mengandung 7 g gula.

Hal itulah yang menyebabkan susu kedelai memiliki kalori yang lebih sedikit pula, yaitu hanya mengandung 80 kalori. Selain itu, terdapat asam lemak tak jenuh tunggal dan serat dalam susu kedelai. Artinya, tingkat penyerapan lemak menurun dan Anda akan merasa kenyang lebih lama.

Mencegah Kanker Prostat

Mengutip dari Fit Day (fitday.com), susu kedelai mengandung banyak hormon fitoestrogen yang bisa mencegah produksi hormon testosteron. Artinya, risiko kanker prostat pun bisa turun. Cobalah untuk mengonsumsi susu kedelai secara rutin, apalagi jika ada faktor lain yang dapat meningkatkan risiko kanker prostat.

Baca Juga: Bisa Anda lakukan sendiri, begini cara mencegah pengapuran tulang

Mencegah Osteoporosis

Salah satu manfaat susu kedelai adalah mencegah osteoporosis

Manfaat susu kedelai juga berguna untuk menjaga kesehatan tulang, lo. Selain mencegah produksi hormon testosteron, hormon fitoestrogen juga berguna untuk meningkatkan penyerapan kalsium sehingga kepadatan tulang bisa tetap terjaga.

Mencegah Sindrom Pascamenopause

Fit Day mengatakan bahwa produksi hormon estrogen akan menurun selama menopause sehingga menyebabkan wanita mengalami pascamenopause. Jika tak diatasi dengan baik, kondisi itu bisa meningkatkan risiko beberapa penyakit, seperti diabetes, sakit jantung, dan obesitas.

Tak hanya itu, wanita yang mengalami pascamenopause lebih rentan mengalami depresi, insomnia, dan gangguan psikologi lainnya. Untuk menghindari hal itu, cobalah untuk mengonsumsi susu kedelai secara rutin. Fitoestrogen dalam susu kedelai berguna untuk mengatasi jumlah hormon estrogen yang berkurang.

Baca Juga: Inilah manfaat tempe dan kandungannya bagi tubuh

Menguatkan Pembuluh Darah

Manfaat susu kedelai lainnya yang bisa Anda dapatkan adalah pembuluh darah menjadi lebih kuat. Hal itu disebabkan karena adanya kandungan asam lemak omega-3 dan asam lemak omega-6. Kandungan itu akan meningkatkan fleksibilitas dan ketahanan pembuluh darah terhadap serangan radikal bebas.

Selanjutnya: 4 Makanan yang mengandung protein tinggi ini perlu Anda konsumsi

Editor: Belladina Biananda
Terbaru