kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.000,06   6,46   0.65%
  • EMAS1.199.000 0,50%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Inilah 5 gejala penyakit ginjal yang bisa Anda alami


Selasa, 20 April 2021 / 11:47 WIB
Inilah 5 gejala penyakit ginjal yang bisa Anda alami


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Setiap orang bisa mengalami penyakit ginjal yang berbeda-beda. Jika terus dibiarkan, masalah itu bisa mengakibatkan gagal ginjal di mana organ tersebut hanya berfungsi di bawah 15%. Salah satu hal penting untuk menghindari hal tersebut adalah memerhatikan gejala penyakit ginjal.

Dengan memerhatikan gejalanya, Anda bisa mendapat perawatan secara cepat dan tepat sehingga kondisi ginjal bisa terselamatkan. Biasanya, penyakit ginjal muncul saat ada penyakit lain yang Anda alami.

Misalnya, penyakit jantung, diabetes, obesitas, dan lain-lain. Cobalah untuk mengontrol penyakit itu secara maksimal. Dengan begitu, kondisi kesehatan ginjal Anda bisa tetap terjaga. Jika Anda mengalami beberapa gejala berikut, cobalah untuk segera memeriksakan diri ke dokter.

Nafsu Makan Turun

Penyakit ginjal dapat ditandai dengan nafsu makan yang turun. Melansir Aria Med Tour (ariamedtour.com), hal itu terjadi akibat penumpukan racun dalam tubuh. Selain nafsu makan berkurang, Anda juga sering mengalami mual dan muntah akibat penyakit ginjal.

Baca Juga: Banyak terjadi pada wanita, ini obat untuk mengatasi infeksi ginjal

Mata Bengkak

Apakah Anda memiliki mata bengkak? Jika Anda sudah melakukan berbagai macam cara mengatasi mata bengkak, tapi tak ada hasil yang terlihat, Anda perlu waspada. Kondisi itu bisa jadi salah satu gejala penyakit ginjal.

Salah satu fungsi ginjal adalah mengatur cairan dalam tubuh. Bila fungsi itu tak bisa berjalan maksimal, ada banyak penumpukan cairan di tubuh, salah satunya terlihat di bagian mata. Meski demikian, mata bengkak yang tak kunjung hilang juga bisa terjadi akibat penyakit liver. Jadi, Anda perlu memeriksakan diri ke dokter.

Nyeri Dada

Seperti yang sudah dikatakan, penyakit ginjal mengakibatkan penumpukan cairan. Hal itu juga bisa terjadi di paru-paru. Saat kondisi tersebut terjadi, Anda akan mengalami nyeri dada, bahkan sesak napas. Maka dari itu, Anda perlu mewaspadai gejala tersebut.

Baca Juga: Pantang disepelekan! Ini 10 gejala infeksi ginjal yang perlu diketahui

Sering Buang Air Kecil

Sering buang air kecil jadi gejala penyakit ginjal lainnya yang bisa Anda alami. Bahkan, Anda bisa mengeluarkan kencing yang berbuih dan bercampur dengan darah. Buih dan darah yang keluar jadi tanda bahwa ginjal gagal menyaring nutrisi penting untuk tetap tinggal dalam tubuh.

Kulit Gatal

Salah satu gejala penyakit ginjal adalah kulit yang terasa gatal.

Aria Med Tour menyebutkan bahwa penyakit ginjal bisa ditandai dengan kulit yang terus terasa gatal. Ketidakseimbangan mineral dalam tubuh karena ginjal tidak bisa melakukan fungsinya dengan maksimal mengakibatkan rasa gatal yang terjadi secara terus-menerus.

Selanjutnya: 5 Gejala diabetes ini tidak boleh Anda abaikan, apa saja?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Storytelling with Data (Data to Visual Story) Mastering Corporate Financial Planning & Analysis

[X]
×