Inilah 5 ciri-ciri vertigo yang tak boleh Anda abaikan

Kamis, 01 April 2021 | 09:18 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Inilah 5 ciri-ciri vertigo yang tak boleh Anda abaikan

ILUSTRASI. Jika Anda mengalami ciri-ciri vertigo, segera periksakan diri ke dokter, ya.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Vertigo adalah salah satu kondisi yang berbahaya. Anda akan merasa ruangan di tempat Anda berada berputar dan Anda merasa pusing. Supaya kondisi Anda tak semakin parah, ada beberapa ciri-ciri vertigo yang perlu Anda perhatikan.

Melansir Active Beat (activebeat.com), vertigo bisa jadi salah satu tanda dari masalah keseimbangan tubuh Anda. Salah satu penyakit yang umumnya menyebabkan vertigo adalah BPPV atau beneign paroxysmal positional vertigo.

BPPV adalah benjolan kecil yang terletak di saluran pendengaran karena penumpukan kalsium. Selain BPPV, masih banyak penyebab vertigo yang bisa terjadi. Maka dari itu, memeriksakan diri ke dokter adalah hal yang tepat jika Anda mengalami gejalap-gejala ini.

Migrain

Migrain jadi salah satu tanda penyakit vertigo yang sering dialami oleh banyak orang. Salah satu jenis sakit kepala itu terjadi karena adanya penumpukan kalsium atau cairan di salah satu sisi belakang kepala. Berbeda dari migrain biasa, migrain karena vertigo terasa lebih sakit.

Baca Juga: 6 Cara menghilangkan sakit kepala, tidak perlu obat

Telinga Berdenging

Ciri-ciri vertigo berikutnya adalah telinga berdenging atau tinnitus. Seiring berjalannya waktu, kondisi tersebut semakin sering terjadi dari rasa sakitnya akan semakin intens. Tentu saja telinga berdenging membuat Anda tidak nyaman dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Tubuh Mengeluarkan Banyak Keringat

Active Beat mengatakan bahwa vertigo menyebabkan tubuh mengeluarkan banyak keringat. Apalagi di bagian leher, kening, dan dada. Selain itu, vertigo juga menyebabkan rasa panik meningkat sehingga produksi keringat pun menjadi lebih banyak.

Jika Anda sering mengeluarkan keringat berlebih, cobalah mengatasinya dengan memakai antiperspiran. Selain itu, segera periksakan diri ke dokter. Bisa jadi keringat berlebih yang muncul jadi tanda penyakit selain vertigo.

Baca Juga: Waspadai penyebab vertigo kambuh dan faktor risiko ini, yuk

Mual

Mual termasuk salah satu ciri-ciri vertigo yang bisa Anda alami.

Jangan sepelekan mual yang Anda rasakan. Bisa jadi kondisi itu adalah salah satu ciri-ciri vertigo. Mual terjadi akibat keseimbangan tubuh Anda terganggu. Akibatnya, Anda menjadi pusing, ingin jatuh, dan merasa mual. Jika terus dibiarkan, tentu saja Anda bisa muntah karena hal itu.

Kehilangan Pendengaran

Gejala vertigo selanjutnya yang cukup berbahaya adalah fungsi indra pendengaran Anda bisa menurun, bahkan benar-benar hilang. Kondisi tersebut diawali dengan rasa sakit parah saat Anda mendengar suara yang keras. Untuk menghindari hal tersebut, segera periksakan diri ke dokter jika Anda mengalami gejala tertentu.

Selanjutnya: Tips cara mencegah dan menyembuhkan vertigo tanpa obat-obatan

Editor: Belladina Biananda
Terbaru