kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   -28,38   -2.95%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Waspadai penyebab vertigo kambuh dan faktor risiko ini, yuk


Rabu, 17 Februari 2021 / 09:59 WIB
Waspadai penyebab vertigo kambuh dan faktor risiko ini, yuk
ILUSTRASI. Anda perlu berhati-hati terhadap penyebab vertigo kambuh.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada banyak faktor yang jadi penyebab vertigo kambuh. Mulai dari gangguan pada telinga tengah dan sistem saraf atau masalah pada otak yang tidak tertangani dengan baik. Supaya frekuensi kemunculan vertigo menurun, sebaiknya atasi penyebab utamanya.

Ada beberapa kasus di mana dokter tidak mampu menentukan penyebab vertigo secara pasti. Meski demikian, Everyday Health (everydayhealth.com) mengatakan bahwa Anda tetap bisa mendapat perawatan untuk meredakan gejala yang muncul.

Umumnya, vertigo terjadi akibat kerusakan pada telinga tengah. Anda bisa mengalami kondisi tersebut akibat kecelakaan di bagian kepala. Selain menimbulkan vertigo, Anda pun dapat mengalami gejala lain. Mulai dari pusing, sakit kepala, indra pendengaran terganggu, dan gangguan keseimbangan.

Penyebab Vertigo Kambuh

Tidak hanya kerusakan pada telinga tengah, ada faktor umum lainnya yang jadi penyebab vertigo. Faktor pertama adalah Benign Paroxysmal Positional Vertigo atau BPPV. BPPV adalah kondisi di mana kristal kecil melayang dan bergerak bebas di saluran telinga tengah.

Baca Juga: 5 Penyebab migrain ini yang paling umum terjadi, hati-hati!

BPPV muncul ketika Anda menggerakkan kepala secara tiba-tiba. Vertigo akan Anda alami secara tiba-tiba pula dan berlangsung selama beberapa detik dan beberapa menit. Biasanya, dokter kesulitan untuk mendiagnosa hal tersebut. Jadi, Anda perlu memerhatikan gejala lain yang mungkin Anda rasakan.

Faktor kedua adalah labirinitis atau radang telinga tengah akibat infeksi virus. Jika terus dibiarkan, kondisi itu dapat memperburuk kemampuan pendengaran Anda. Sedangkan untuk faktor penyebab vertigo selanjutnya adalah penyakit meniere di mana cairan menumpuk terlalu banyak di telinga tengah.

Faktor Risiko Penyebab Vertigo Kambuh

Everyday Health menyebutkan ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami vertigo. Mulai dari usia di atas 50 tahun, wanita, mengalami kecelakaan di bagian kepala, riwayat keluarga, mengonsumsi alkohol berlebih, dan stres yang tak terkelola dengan baik.

Baca Juga: Yuk cari tahu gejala vertigo dan cara mengatasinya

Mengonsumsi jenis obat-obat tertentu juga dapat mengakibatkan seseorang lebih mudah mengalami vertigo. Beberapa jenis obat yang dimaksud adalah antipsikotik dan antidepresan. Selain itu, Anda pun perlu mengetahui kondisi kesehatan apa saja yang dapat menyebabkan vertigo.

Seseorang yang menderita diabetes, stroke, dan migrain bisa mengalami vertigo. Hal yang sama juga dapat dialami oleh wanita hamil. Hal itu disebabkan karena adanya perubahan hormon, jumlah gula darah berkurang, dan perkembangan janin yang menekan arteri di sekitarnya.

Selanjutnya: 4 Rekomendasi obat sakit kepala ini tak boleh Anda lewatkan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×