Inilah 5 cara menjaga kesehatan anak saat pandemi Covid-19 & ancaman corona B.1.1.7

Rabu, 17 Maret 2021 | 06:30 WIB Sumber: Kompas.com
Inilah 5 cara menjaga kesehatan anak saat pandemi Covid-19 & ancaman corona B.1.1.7

ILUSTRASI. Inilah 5 cara menjaga kesehatan anak saat pandemi Covid-19 & ancaman corona B.1.1.7. SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Pandemi Covid-19 masih terus menambah kasus baru. Bahkan, virus corona penyebab Covid-19 juga bermutasi menghasilkan varian yang lebih menular, yakni B.1.1.7. Pahami cara menjaga kesehatan anak di tengah pandemi Covid-19 dan mutasi virus corona yang semakin menular.

Selama pandemi Covid-19, terjadi perubahan gaya hidup pada anak-anak. Salah satunya karena kegiatan pembelajaran dilakukan secara online dari rumah.

Penting bagi orangtua untuk memastikan anak tetap memiliki gaya hidup aktif. Sebab, itu adalah salah satu cara untuk menjaga kesehatan anak, baik fisik maupun mental.

Ada beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan oleh orangtua untuk menjaga kesehatan dan kebugaran anak saat pandemi Covid-19 dan mutasi virus corona B.1.1.7, antara lain:

1. Membatasi waktu layar

Cara pertama menjaga kesehatan anak saat pandemi Covid-19 dan mutasi virus corona B.1.1.7 adalah membatasi waktu di depan layar. Menetapkan screen time atau waktu layar penting untuk diperhatikan.

Terlebih, saat ini anak melakukan pembelajaran secara online yang membuat mereka terpapar gadget lebih lama. Jangan jadikan gadget sebagai satu-satunya media hiburan dan sarana untuk anak menghabiskan waktu.

Sesekali, coba ajak anak untuk bermain permainan papan seperti ludo, kartu, dan lainnya. Hindari pula penggunaan gadget pada anak di bawah usia dua tahun karena berisiko menyebabkan penurunan keterampilan sosial dan perkembangan bahasa. Dampak negatif lainnya adalah penurunan keterampilan kognitif dan peningkatan amarah pada anak.

Baca juga: 7 Hal yang perlu diketahui tentang mutasi virus corona B.1.1.7 di Indonesia

2. Gaya hidup aktif

Cara menjaga kesehatan anak saat pandemi Covid-19 dan mutasi virus corona B.1.1.7 adalah dengan menjalankan gaya hidup aktif.

Gaya hidup kurang gerak dapat menyebabkan banyak penyakit. Ajari anak tentang pentingnya olahraga dan gaya hidup aktif demi kehidupan masa depan.

Orangtua bisa mengajak anak melakukan olahraga yang menyenangkan, seperti bulu tangkis, bermain sepatu roda, sepak bola, basket, dan lainnya. Selain penting untuk kebugaran, membiasakan aktivitas fisik juga dapat membantu membangun fisik dan meningkatkan kemampuan mental anak.

Secara bersamaan, hal tersebut membantu mengembangkan keterampilan sosial serta koordinasi motorik halus.

Editor: Adi Wikanto
Terbaru