Kesehatan Umum

Inilah 4 penyebab radang gusi yang perlu Anda waspadai

Senin, 04 Januari 2021 | 12:02 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Inilah 4 penyebab radang gusi yang perlu Anda waspadai

ILUSTRASI. Radang gusi bisa disebabkan karena berbagai macam faktor. (Tribun Jateng/Hermawan Handaka)

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Radang gusi adalah kondisi di mana gusi sakit dan mengalami pembengkakan. Cara mengobati gusi bengkak perlu Anda lakukan supaya kondisi kesehatan Anda tak terganggu. Tak hanya itu, mengetahui penyebab gusi bengkak pun perlu Anda lakukan untuk meningkatkan kewaspadaan.

Gusi dipenuhi dengan pembuluh darah yang membawa oksigen dan makanan ke akar gigi. Hal itu menunjukkan bahwa menjaga kesehan gigi dan mulut, termasuk gusi, menjadi salah satu kebiasaan yang perlu Anda lakukan secara rutin.

Jika kebersihan tak terjaga, radang gusi bisa menimbulkan berbagai macam gejala yang membuat Anda tidak nyaman. Beberapa ciri yang perlu Anda waspadai adalah warna gusi berubah menjadi lebih gelap, gusi berdarah, dan munculnya rasa sakit.

Personal Care Dentistry (personalcaredentistry.com) mengatakan bahwa penyebab utama radang gusi adalah plak bakteri sehingga menimbulkan infeksi. Meski demikian, masih banyak faktor penyebab lainnya yang perlu Anda ketahui.

Baca Juga: 3 Penyebab gusi bengkak yang perlu diketahui

Perubahan Hormon

Tahukah Anda bahwa perubahan hormon dalam tubuh bisa menyebabkan inflamasi pada gusi? Perubahan hormon membuat aliran darah menuju gusi meningkat sehingga lebih mudah untuk iritasi. Biasanya, kondisi tersebut sering dialami oleh wanita hamil, wanita yang sedang menstruasi, atau wanita yang mengalami menopause.

Seriawan

Seriawan bisa jadi salah satu penyebab radang gusi.

Seriawan adalah kondisi di mana luka berwarna putih dengan tepi berwarna merah muncul di bibir dan mulut Anda. Selain menimbulkan rasa sakit, kemunculan seriawan juga dapat membuat gusi bengkak. Jika Anda sering mengalami seriawan, ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter karena bisa jadi salah satu tanda kanker mulut.

Baca Juga: Ingat, gigi putih belum tentu sehat

Malnutrisi atau Kekurangan Vitamin

Mengutip dari Personal Care Dentistry, gusi bengkak juga bisa disebabkan oleh malnutrisi dan tubuh yang kekurangan vitamin. Usahakan untuk mencukupi kebutuhan vitamin B, vitamin C, dan nutrisi penting lain supaya gusi tidak bengkak dan kesehatan tubuh terjaga.

Iritasi

Alergi terhadap pasta gigi, makanan, atau jenis obat tertentu bisa menyebabkan gusi iritasi sehingga mengalami pembengkakan. Jika faktor tersebut adalah penyebabnya, cara mengatasi gusi bengkak adalah dengan menghindari hal-hal yang menyebabkan alergi. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter supaya mendapat perawatan yang tepat.

Selanjutnya: Gigi copot, konsekuensi lain dari keganasan virus corona?

Editor: Belladina Biananda


Terbaru