kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,46   6,00   0.65%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Inilah 4 gejala penyakit kolera, yuk kenali


Senin, 28 Juni 2021 / 14:38 WIB
Inilah 4 gejala penyakit kolera, yuk kenali


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - Kolera adalah salah satu jenis penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Ada beberapa gejala penyakit kolera yang perlu Anda waspadai.

Anda bisa terinfeksi penyakit itu saat mengonsumsi air yang terkontaminasi. Vibrio cholerae adalah nama bakteri penyebab penyakit kolera.

Bakteri itu menginfeksi dan meracuni usus halus manusia. Akibatnya, Anda bisa kehilangan banyak cairan dan mengalami diare yang cukup parah. 

Namun, bakteri penyebab kolera juga bisa terdapat di seafood, sayur dan buah mentah, serta biji-bijian utuh. Jadi, sebaiknya Anda menjaga kebersihan makanan dan minuman yang Anda konsumsi, ya.

Jika Anda mengalami gejala-gejala ini, segera periksakan diri ke dokter supaya mendapat perawatan yang tepat:

Mual dan muntah

Mual dan muntah jadi salah satu gejala penyakit kolera yang cukup sering dialami oleh penderitanya. Mengutip dari Mayo Clinic, kondisi tersebut merupakan gejala awal dan bisa berlangsung selama beberapa jam.

Baca Juga: Ini cara mencegah penyakit paling menular di musim hujan

Kram otot

Infeksi bakteri penyebab kolera menyebabkan tubuh kehilangan banyak mineral penting, seperti natrium dan kalium. Nah, kehilangan mineral itulah yang membuat otot tubuh terasa kram dan sakit.

Jika Anda mengalami kram otot disertai gejala yang lain, jangan ragu untuk mengunjungi dokter, ya.

Dehidrasi

Gejala penyakit kolera berikutnya adalah dehidrasi. Biasanya, dehidrasi terasa semakin parah setelah gejala awal kolera muncul selama beberapa jam. Tentu saja, dehidrasi perlu segera Anda atasi supaya kondisi kesehatan tak semakin buruk.

Beberapa tanda tubuh Anda mengalami dehidrasi atau kehilangan banyak cairan adalah dry mouth atau mulut kering, rasa haus ekstrem, kelelahan, mudah marah, dan kulit keriput. Dehidrasi juga mengakibatkan tekanan darah turun dan detak jantung menjadi tak beraturan.

Baca Juga: Musim hujan tiba, waspada dengan lima penyakit ini

Diare

Salah satu gejala penyakit kolera adalah diare.

Penyakit kolera mengakibatkan penderitanya mengalami diare. Melansir Mayo Clinic, diare biasanya terjadi secara tiba-tiba. Hal itu bisa memperparah dehidrasi karena ada semakin banyak cairan yang keluar dari tubuh.

Segera periksakan diri ke dokter jika mengalami gejala tersebut. Jika terus dibiarkan, kolera bisa menimbulkan berbagai macam komplikasi. Mulai dari hipoglikemia atau jumlah gula darah dalam tubuh yang terlalu rendah, hingga gagal ginjal.

Selanjutnya: Perhatian! Ini penyakit yang sering muncul di musim penghujan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet

[X]
×