kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Inilah 4 cara menurunkan berat badan tanpa olahraga


Rabu, 31 Maret 2021 / 08:27 WIB
Inilah 4 cara menurunkan berat badan tanpa olahraga
ILUSTRASI. Minum air putih termasuk salah satu cara menurunkan berat badan tanpa olahraga yang bisa Anda coba. Model : Rezi Oktaviani TRIBUN JATENG/Hermawan Handaka


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Olahraga memang jadi salah satu hal penting saat Anda ingin diet. Namun, ada beberapa kondisi yang membuat olahraga sulit dilakukan. Jika Anda salah satu orang yang mengalami hal itu, ada banyak cara menurunkan berat badan tanpa olahraga yang bisa Anda coba.

Kecelakaan, persiapan operasi, atau kondisi kesehatan tertentu dapat jadi beberapa faktor yang tidak memungkinkan Anda untuk olahraga. Hal tersebut bukanlah penghalang bagi Anda untuk mendapat berat badan ideal.

Selain olahraga, masih banyak hal lain yang bisa mempercepat metabolisme tubuh. Meski membutuhkan waktu yang lebih lama, tapi berat badan yang Anda inginkan tetap bisa Anda dapat. Anda perlu mengonsumsi lebih banyak serat, minum air putih, dan lain-lain.

Konsumsi Protein

Mengutip dari U.S.News (health.usnews.com), mengonsumsi protein bisa jadi salah satu cara diet yang perlu dicoba. Jenis nutrisi itu akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Usahakan untuk mengonsumsi 25-30 g protein tiap makan.

Ada banyak jenis makanan yang mengandung banyak protein. Mulai dari salmon, tuna, dada ayam, yogurt, atau susu. Pilihlah makanan yang Anda sukai dengan mencampurnya dengan makanan diet yang lain.

Baca Juga: Efektif, inilah 6 cara diet cepat yang perlu Anda coba

Konsumsi Serat

Selain mengonsumsi protein, mengonsumsi serat juga termasuk salah satu cara menurunkan berat badan tanpa olahraga. Wanita dan pria membutuhkan asupan serat yang berbeda. Untuk pria, direkomendasikan mengonsumsi 38 g serat per hari.

Sedangkan wanita membutuhkan 25 g serat per hari. Jumlah tersebut bisa Anda penuhi dengan mengonsumsi berbagai jenis makanan, seperti buah beri atau brokoli. Supaya serat bisa dicerna dengan lebih mudah, jangan lupa untuk minum air, ya.

Baca Juga: Ahli jelaskan cara menurunkan berat badan dengan mudah dalam 30 detik, penasaran?

Minum Air Putih

Seperti yang telah dikatakan, minum air putih dapat membantu tubuh mencerna serat dengan lebih cepat. Tidak hanya itu, minum air putih juga menghindarkan Anda dari mengonsumsi minuman manis. Jika Anda ingin minum air putih dengan rasa tertentu, tidak ada salahnya untuk membuat infused water.

Cukupi Waktu Tidur

Salah satu cara menurunkan berat badan tanpa olahraga adalah dengan mencukupi waktu tidur berkualitas.

Cara menurunkan berat badan selanjutnya yang direkomendasikan U.S.News adalah dengan mencukupi waktu tidur. Tidur yang berkualitas membantu tubuh mengatur hormon lapar dan stres lebih baik. Dengan begitu, kemungkinan tubuh untuk menyimpan lemak menjadi berkurang.

Selanjutnya: Minum kopi 30 menit sebelum olahraga bisa membakar lemak lebih maksimal, benarkah?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×