kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45938,46   -25,27   -2.62%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Inilah 3 Jus yang Tidak Meningkatkan Kadar Gula Darah, Cocok untuk Diet Diabetes


Jumat, 22 Juli 2022 / 04:30 WIB
Inilah 3 Jus yang Tidak Meningkatkan Kadar Gula Darah, Cocok untuk Diet Diabetes


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - Jus buah mengandung sejumlah besar gula yang bisa meningkatkan kadar gula darah dengan sangat cepat. Oleh karena itu, penderita diabetes biasanya sebaiknya menghindari minum jus buah.

Sebagai aturan umum, makan buah utuh lebih sehat daripada minum jus buah atau smoothie buah.

Melansir diabetes.co.uk, kadar gula dalam jus buah dapat menyebabkan lonjakan kadar gula darah yang signifikan, meningkatkan risiko hiperglikemia (kadar gula darah terlalu tinggi).

Indeks glikemik, yang digunakan untuk mencerminkan dampak pada kadar gula darah makanan individu, menempatkan jus jeruk antara 66 dan 76 pada skala 100. Hal ini membuat jus buah minuman dengan indeks glikemik tinggi. Makanan dan minuman GI tinggi sebaiknya dihindari oleh orang dengan diabetes dalam sebagian besar keadaan.

Satu situasi di mana jus buah dapat bermanfaat adalah meningkatkan gula darah dengan cepat sebagai respons terhadap hipoglikemia (gula darah terlalu rendah).

Apakah minum jus buah meningkatkan risiko diabetes?

Diabetes.co.uk menuliskan, sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2013 menunjukkan bahwa minum tiga porsi jus buah seminggu dikaitkan dengan 8% peningkatan risiko diabetes.

Sebaliknya, makan blueberry, anggur, apel dan pir dikaitkan dengan penurunan risiko. Para peneliti menemukan bahwa mengganti jus buah dengan tiga porsi buah utuh tertentu dalam seminggu akan menurunkan risiko hingga 7%.

Baca Juga: Meredakan Asam Lambung, Ini Manfaat Jus Lidah Buaya untuk Kesehatan

Beberapa buah utuh mengurangi risiko lebih dari yang lain. Untuk jeruk bali dan pisang, ada penurunan 5%, sedangkan blueberry mengurangi risiko sebesar 26%.

Namun, jika Anda mencari jus diabetes yang sehat, selalu buat di rumah dan perhatikan apa yang Anda gabungkan. 

Ada beberapa buah dan sayuran pahit yang bisa Anda jus, yang mungkin terbukti sangat bermanfaat dalam diet diabetes.

Berikut adalah 3 jus ramah diabetes seperti yang dikutip dari NDTV:

1. Jus Karela atau jus pare 

Jus karela adalah minuman yang sangat baik untuk penderita diabetes. Labu pahit membantu mengatur kadar gula darah dalam tubuh Anda. 

Menurut penelitian, pare memiliki beberapa zat aktif dengan sifat anti-diabetes. Salah satunya adalah charantin, yang terkenal dengan efek penurun glukosa darahnya. 

Pare mengandung senyawa mirip insulin yang disebut Polypeptide-p atau p-insulin yang telah terbukti dapat mengontrol diabetes secara alami. Zat-zat ini bekerja secara individu atau bersama-sama untuk membantu mengurangi kadar gula darah. 

Baca Juga: 6 Aktivitas yang Membantu Kadar Gula Darah Tetap Stabil pada Penderita Diabetes

2. Jus Bayam 

Bayam merupakan sumber folat, serat makanan, vitamin A, B, C, E dan K. Serat menunda pencernaan, yang memastikan bahwa gula tidak dimetabolisme dengan cepat dan menyebabkan lonjakan kadar gula darah.

3. Jus Amla

Ramuan ajaib Ayurveda dapat melakukan keajaiban untuk manajemen diabetes Anda. Ambil dua sendok teh jus amla dengan sejumput bubuk kunyit di pagi hari. 

Amla adalah buah dari pohon gooseberry India dan merupakan obat tradisional untuk mengontrol kadar gula darah tinggi. Ini juga mengandung mineral yang disebut kromium yang mengatur metabolisme karbohidrat dan membantu membuat tubuh Anda lebih responsif terhadap insulin, kata Dr. Shikha Sharma, Ahli Kesehatan dan Pendiri NutriHealth.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×