kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,20   -16,32   -1.74%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini yang perlu diperhatikan saat membersihkan tangan dengan tisu basah


Selasa, 03 November 2020 / 07:35 WIB
Ini yang perlu diperhatikan saat membersihkan tangan dengan tisu basah


Reporter: Ratih Waseso | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Selain mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun, masyarakat juga kerap menggunakan tisu basah atau hand sanitizer untuk membersihkan tangan. Namun, pakar kesehatan, Hasbullah Thabrany menyebut, efektifitas tisu basah dalam membunuh kuman atau virus perlu dilihat kembali.

"Kalau tisu basah cuman isinya air, ya nggak akan bisa membunuh kuman/virus. Kalau dia ada alkoholnya okelah itu ada gunanya," jelas Hasbullah saat dihubungi Kontan.co.id pada Senin (2/11).

Jika tisu basah tersebut mengandung alkohol, maka perlu diperhatikan juga berapa kadar alkohol yang ada di dalamnya. Hasbullah menyebut, kadar alkohol yang dapat membunuh kuman/virus ialah berada di angka 70%.

"Alkohol di medis 70% baru bisa membunuh kuman/virus. Tapi kalau hanya 5% yang nggak ada gunanya tisu basah, kemudian 50% juga nggak bisa cukup membunuh kuman dan juga virus," imbuhnya.

Baca Juga: UPDATE Corona Indonesia, Senin (2/11): Tambah 2.618 kasus, pakai masker & cuci tangan

Selain memperhatikan kandungan dari tisu basah tersebut, masyarakat juga diminta untuk dapat menggunakan tisu basah dalam membersihkan tangan dengan tepat. Dalam artian membersihkan tangan harus bisa menyeluruh hingga pada sela-sela jari.

Hasbullah menilai, jika masyarakat selama ini masih terkesan formalitas dalam membersihkan tangan, kurang bisa menyeluruh. Padahal, kuman dan virus juga bisa terdapat disela-sela jari.

"Kalau pakai tisu basah pertama yang diperhatikan adalah tergantung isinya apa, kedua pakai tisu basah nggak cuma dilap-lap aja harus mengenai sela-sela jari keseluruhan jari atau tangan," tegas Hasbullah.

Hasbullah menegaskan, cara paling ampuh guna membersihkan tangan ialah dengan mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Dengan catatan tentunya dilakukan dengan benar dan menyeluruh hingga seluruh bagian jari dan tangan.

Virus ataupun kuman merupakan mahluk yang sangat halus sekali, dimana Hasbullah menerangkan mereka dapat mati jika terkena sabun, alkohol, hingga detergen. Namun tetap ditekankan proses cuci tangan atau membersihkan tangan yang benar akan jadi penentu apakah virus/kuman itu mati.

Baca Juga: Kemenkeu siapkan wastafel hingga bilik disinfektan untuk cegah penularan Covid-19

"Kalau mau pakai tisu basah, di kasih alkohol dulu disemprot. Banyak alkohol dijual juga kan itu akan lebih bagus. Terus kalau mau pakai tisu basah jangan cuma dilap aja, semua dibersihkan, sela jari, punggung tangan, kuku juga," jelasnya.

Caesar Givani Dokter Residen Penyakit Dalam RSUD Dr. Soetomo Surabaya yang juga Founder dan CEO Ceklab menyebut bahwa, mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir lebih efektif dibandingkan menggunakan tisu basah. Hal itu karena cuci tangan dengan air dan sabun dapat menyingkirkan bakteri, virus, kotoran/debris kecil ataupun besar dengan lebih menyeluruh.

"Tetapi pada kondisi yang tidak memungkinkan mencuci tangan dengan air mengalir, dapat menggunakan hand wipes (tisu basah) ataupun hand sanitizer," kata Caesar.




TERBARU

[X]
×