Ini yang harus dilakukan saat terkena Covid-19 saat bepergian

Rabu, 21 Juli 2021 | 05:24 WIB Sumber: Kompas.com
Ini yang harus dilakukan saat terkena Covid-19 saat bepergian

ILUSTRASI. Jika seseorang dinyatakan positif Covid-19 atau mengetahui bahwa ia terpapar virus saat bepergian, penting untuk bertanggung jawab. ANTARA FOTO/Fauzan/nz


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sejak pandemi Covid-19 menyerang dunia, semua orang semakin membatasi mobilitas secara keseluruhan. Tidak seperti beberapa tahun sebelumnya, sekarang banyak tidak bisa leluasa bepergian ke luar kota atau perjalanan jarak jauh. 

Meski demikian, ada kalanya beberapa orang diharuskan untuk melakukan perjalanan jarak jauh karena kondisi tertentu. Selama di perjalanan, terkadang mereka tidak tahu apa yang disentuh atau siapa yang ditemui. 

Bisa jadi, orang yang ditemui terinfeksi virus corona baru, SARS-CoV-2, atau barang yang disentuh telah terpapar virus tersebut. 

Lalu, apa yang harus dilakukan ketika ada seseorang terpapar Covid-19 saat bepergian? 

Baca Juga: Cara membedakan gejala Covid-19 akibat virus corona varian Wuhan, Beta, Delta

Merangkum dari Healthline, jika seseorang dinyatakan positif Covid-19 atau mengetahui bahwa ia terpapar virus saat bepergian, penting untuk bertanggung jawab dan melakukan segala upaya untuk menghentikan penularannya kepada orang lain. 

Beberapa kiat bisa dilakukan untuk mengatasinya. 

1. Lakukan isolasi mandiri ketika dinyatakan positif 

Jika hasil tes positif, seseorang dapat mengetahui kapan ia tertular virus berdasarkan waktu tes sebelumnya dan aktivitas terakhirnya. 

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC), orang tanpa gejala dapat melakukan isolasi 10 hari setelah dinyatakan positif. Namun, apabila orang tersebut memiliki gejala sedang atau parah, sebaiknya segera ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan. 

Baca Juga: Kapan penderita Covid-19 tak lagi menularkan virus saat isolasi mandiri?

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru