Ini tips supaya tidak bosan saat berada di rumah

Minggu, 29 Maret 2020 | 13:39 WIB   Reporter: Venny Suryanto
Ini tips supaya tidak bosan saat berada di rumah

Warga beraktivitas di rumahnya di Kelurahan Mappala, Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (25/3/2020). ANTARA FOTO/Arnas Padda/yu/hp.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Mulai banyak masyarakat yang berdiam rumah, bekerja dari rumah dan beribadah dari rumah untuk mencagah virus corona. Sudah hampir dua minggu ini, masyarakat kebanyakan berada di rumah. Rasa bosan pun  mulai menyelimuti banyak warga. Lantas apa upaya untuk bisa mengatasi rasa bosan tersebut?

Ada saran dari Dr. Purmawan, Ketua Alianai Telemedia Indonesia yang memberikan beberapa tips mengatasi kebosanan dan mengelola stress disaat physical distancing dan isolasi mandiri. Beberapa tips tersebut meliputi perlunya olah raga bagi kesehatan fisik dan mental, berkebun, masak, mengurus peliharaan dan sebagainya. 

Baca Juga: Ini loh sebabnya cuci tangan pakai sabun lebih baik dari hand sanitizer

“Olah raga selama 30 menit serta berjemur juga bisa membantu menghilangkan berbagai virus dan penyakit, olah raga juga perlu untuk kesehatan selama tidak ada aktifitas dirumah,” Jelas Purmawan dalam keterangannya, Minggu (29/3). 

Baca Juga: Waspadai gejala kecemasan selama pandemi virus corona

Ia juga menganjurkan bagi masyarakat yang menjalani isolasi mandiri perlu memperhatikan dan waspada sebelum memegang barang dengan mencuci tangan dan menggunakan masker jika ada anak kecil atau orang tua dirumah. 

Anjuran lainnya adalah  memperhatikan kesehatan masing-masing agar bisa membedakan bagaimana gejala-gejala antara flu dengan Covid-19. Masyarakat pun  bisa memanfaatkan berbagai aplikasi kesehatan untuk konsultasi via online.  

Hal lain yang menjadi perhatian masyarakat adalah dengan memperhatikan etika batuk dan bersin menggunakan tissue daripada tangan, cuci tangan dengan air mengalir, dan berkonsultasi dengan dokter apabila dirasa timbul gejala-gejala seperti Covid-19. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Markus Sumartomjon

Tag
Terbaru