kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini tips dari para bos perusahaan ketika berkendara di tengah pandemi


Rabu, 25 November 2020 / 09:10 WIB
Ini tips dari para bos perusahaan ketika berkendara di tengah pandemi


Reporter: Selvi Mayasari | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Di tengah pandemi Covid-19, masyarakat diwajibkan menerapkan protokol kesehatan, dan menerapkan 3M dengan memakai masker, mencuci tangan, hingga menjaga jarak.

Hal ini guna memutus mata rantai penularan Covid-19. Anjuran itu juga perlu dilakukan ketika berkendara. Baik menggunakan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi.

Seperti yang dilakukan Wakil Direktur perusahaan PT Metropolitan Kentjana (MKPI) Jeffri Tanudjaja yang memiliki kebiasaan baru saat pandemi. Guna menjaga diri dan keluarga, Ia selalu meminta pengendara mobil pribadinya untuk menggunakan masker.

"Kalau di mobil pribadi ya lebih mudah. Karena kita mengharuskan sopir untuk memakai masker. Lalu interior mobil harus dibersihkan memakai disinfektan setiap hari. Kita sebagai penumpang juga selalu memakai masker walaupun hanya berdua dengan sopir," ujar Jeffri kepada kontan.co.id, Selasa (24/11).

Sementara, menurutnya kalau di transportasi umum, dirinya selalu menerapkan untuk memakai masker, dan kalau bisa, ada social distancing karena ini yang kadang agak sulit untuk diterapkan. Jeffri juga tak lupa untuk selalu mengingatkan karyawannya untuk selalu menerapkan 3M ketika sedang menggunakan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi.

Baca Juga: Eijkman: Virus corona bermutasi sampai 7 kali, efeknya Covid-19 cepat menular

Direktur Keuangan PT Island Concepts Tbk Octavianus Kuntjoro juga menerapkan hal yang sama ketika berkendara. Dirinya tetap memperhatikan protokol covid-19 ketika menggunakan kendaraan pribadi, terlebih saat menggunakan kendaraan umum.

Ia mengaku wajib melakukan rapid/swab, dan karantina mandiri setelah bepergian minimal 7 hari. "Secara umum saya berusaha untuk tidak menggunakan alat transportasi publik kecuali terpaksa," katanya.

Rudolf P. Nainggolan, Direktur Utama PT Gihon Telekomunikasi Indonesia juga memiliki tips pribadi ketika berkendara di tengah pandemi Covid-19. Pertama, dirinya selalu memakai masker jika sedang di dalam mobil, baik mobil pribadi, ataupun transportasi umum.

"Jika naik mobil pribadi buka sekali kaca mobil dan masker dilepas sebentar setiap per 20-30 menit. Tentu jarak juga diatur," katanya.

Sementara, jika naik kendaraan umum, Ia bilang, usahakan selalu dekat jendela. Dan usahakan tidak terlalu dekat dengan orang lain, terapkan jaga jarak.

Karena menurutnya jaga jarak saat di transportasi publik agak sulit diterapkan. "Usahakan selalu membawa hand sanitizer dan pakai kacamata," ujar Rudolf.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitanganpakaisabun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×