HOME

Ini tiga tips capai defisit kalori untuk turunkan berat badan

Kamis, 09 Juli 2020 | 15:19 WIB Sumber: Kompas.com
Ini tiga tips capai defisit kalori untuk turunkan berat badan

ILUSTRASI. Team GB paratriathlete Claire Cashmore runs during a training session following the outbreak of the coronavirus disease (COVID-19), in Loughborough, Britain, May 6, 2020. REUTERS/Paul ChildsĀ 

KONTAN.CO.ID - Defisit kalori seringkali diklaim sebagai cara ampuh untuk menurunkan berat badan. Defisit kalori akan terjadi ketika jumlah kalori yang kita bakar lebih sedikit daripada jumlah kalori yang masuk ke tubuh.

Defisit kalori yang terjadi secara terus-menerus akan menghasilkan penurunan berat badan. Jika jumlah kalori yang masuk ke tubuh lebih besar daripada jumlah kalori yang kita bakar, maka berat badan pun semakin meningkat.

Baca Juga: Ini tips dari dokter Reisa bagi penyandang penyakit tidak menular saat sekarang ini

Defisit kalori sebesar 500 kalori per hari sudah cukup untuk membantu menurunkan berat badan dan tidak akan berdampak signifikan pada tingkat energi tubuh.

Rata-rata wanita memerlukan sekitar 2000 kalori untuk mempertahankan berat badannya. Sementara itu, pria membutuhkan sekitar 2.500 kalori.

Namun, kebutuhan kalori setiap manusia berbeda-beda, tergantung pada usia, tinggi, berat badan, tingkat aktivitas, dan kesehatan metabolisme.

Baca Juga: Tidak ingin asam urat kambuh lagi, begini cara mengontrol kadar purin dalam tubuh

Cara mencapai defisit kalori

Kita bisa mencapai defisit kalori dengan mengonsumsi lebih sedikit kalori atau meningkatkan aktifitas fisik. Jika ingin mengalami defisit kalori dengan meningkatkan aktivitas fisik, kita perlu melakukan olahraga dengan intensitas sedang selama 150 hingga 300 menit per minggu.

Kita juga bisa melakukan olahraga intensitas tinggi selama 75 hingga 150 menit setiap minggu.

Melansir laman Healthline, olahraga tidak mampu membakar kalori sebanyak yang kita duga. Cara paling efektif dan mudah untuk mencapai defisit kalori adalah dengan mengurangi asupan kalori melalui cara berikut:

Editor: Noverius Laoli


Terbaru