Ini takaran konsumsi kacang almond yang baik untuk kesehatan

Selasa, 19 Oktober 2021 | 15:10 WIB   Reporter: Tri Sulistiowati
Ini takaran konsumsi kacang almond yang baik untuk kesehatan

ILUSTRASI. Kacang almond


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kacang almond disukai dan kerap dikonsumsi secara rutin oleh sebagian orang. Ini takaran konsumsi almond yang baik untuk menjaha kesehatan tubuh. 

Kacang-kacangan dan biji-bijian dipercaya bisa menjaga kesehatan jantung. 

Baca Juga: Ini manfaat pepaya untuk kesehatan penderita diabetes

Mengutip dari NDTV, menurut ulasan baru yang dilakukan oleh ahli gizi dan ahli jantung, kacang almond yang dikonsumsi secara rutin bisa mengurangi gejala dislipidemia. 

Dislipidemia merupakan faktor risiko penyakit kardiovaskular. Kondisi tersebut ditandai dengan kadar kolestrol jahat yang tinggi dan rendahnya kadar kolesterol baik, serta tingginya kadar trigliserida dalam tubuh. 

Dislipidemia bisa meningkatkan kemungkinan penyumbatan arteri di dalam tubuh. Orang yang memiliki dislipidemia lebih rentan terhadap risiko serangan jantung, stroke, dan peredaran darah lainnya. 

Kajian yang didanai oleh Almond Board of California menyatakan bahwa mengonsumsi sekitar 45 gram almond setiap hari bisa mengurangi gejala dislipidemia. 

Penelitian tentang almond dan kadar lipid menunjukkan bahwa makan almond bisa menurunkan kadar LDL dan trigliserida dan tidak mempengaruhi kadar kolesterol HDL. 

Kacang almond mengandung lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda yang dianggap sebagai lemak baik. Almond juga mengandung serat makanan dan vitamin E. 

Pooja Malhotra, Ahli Gizi yang berbasis di Delhi mengatakan kacang almond juga bisa membantu mengatur tekanan darah. 

Almond kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal. Banyak penelitian menunjukkan almond bisa menurunkan kolesterol LDL dan mencegah oksidasi LDL yang bisa mencegah penyakit jantung. 

"Almond mengandung bioaktif tingkat tinggi. Molekul seperti serat, polifenol, mineral, dan vitamin bersifat antioksidan," kata Pooja. 

Takaran konsumsi almond yang baik untuk kesehatan 

Anda bisa mengonsumsi sekitar 8-10 biji kacang almond per hari bisa menambah nutrisi. Asal Anda tahu, segenggam kacang almond bisa meningkatkan kadar serotonin dan membantu meningkatkan kualitas tidur di malam hari. 

Almond kaya vitamin E yang bisa mencegah infeksi. Konsumsi kacang almond secara teratur bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh. 

Menariknya lagi, almond mengandung serat yang bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama. 

Serat dalam kacang almond baik untuk penderita diabetes tipe II. Sebab, serat tersebut bisa membantu dan menjaga kadar gula darah yang stabil serta meningkatkan aliran darah. 

Perlu Anda ingat! Anda sebaiknya membatasi jumlah konsumsi almond setiap harinya. 

Kacang almond yang dikonsumsi secara berlebihan bisa berdampak buruk bagi jantung dan berat badan. 

Baca Juga: 5 Buah yang efektif mengontrol dan menurunkan kolesterol tinggi

Selanjutnya: Bisa menurunkan berat badan, begini cara makan telur untuk Anda yang sedang diet

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tri Sulistiowati

Terbaru