Ini Tahapan Pemeriksaan Pasien yang Memiliki Gejala Hepatitis Akut, Bisa Pakai BPJS

Kamis, 12 Mei 2022 | 06:08 WIB Sumber: Kompas.com
Ini Tahapan Pemeriksaan Pasien yang Memiliki Gejala Hepatitis Akut, Bisa Pakai BPJS

ILUSTRASI. Pemerintah sudah menyiapkan sejumlah fasilitas kesehatan (faskes) tingkat pertama, mulai dari Puskesmas hingga Rumah Sakit.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Seiring dengan merebaknya kasus hepatitis akut yang menyerang anak-anak, Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Kesehatan menyiapkan sejumlah fasilitas kesehatan (faskes) tingkat pertama, mulai dari Puskesmas hingga Rumah Sakit. 

Fasilitas kesehatan tersebut ditujukan untuk memeriksa dan menangani penyakit hepatitis akut misterius. Seluruh faskes tingkat pertama dan Rumah Sakit juga diminta untuk menambah kapasitas dan kompetensi untuk memeriksa penyakit misterius yang hingga saat ini belum diketahui penyebabnya itu.

Instruksi tersebut dikeluarkan oleh Prof. dr. Abdul Kadir selaku Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan melalui Surat Edaran yang diteken pada Senin (9/5/2022).

Saat dikonfirmasi, Dokter Perinatologi Adhi Nur Radityo dari RSIA Anugerah Semarang mengatakan bahwa pasien yang memiliki gejala hepatitis akut misterius bisa segera dilarikan ke faskes utama untuk mendapatkan rujukan ke Rumah Sakit. Atau pasien bisa juga langsung segera dibawa ke rumah sakit.

"Keduanya bisa," terang Adhi, saat dihubungi oleh Kompas.com, Rabu (11/5/2022).

Baca Juga: WHO Angkat Bicara Soal Hepatitis Akut Misterius

Tahapan rujukan pasien hepatitis akut misterius

Bagi pasien yang berusia kurang dari 16 tahun dan bergejala hepatitis akut misterius, Adhi menyarankan untuk segera dibawa ke Puskesmas atau Rumah Sakit terdekat.

Adapun gejala hepatitis akut misterius, di antaranya:

  • Demam mual atau muntah
  • Sakit perut akut
  • Diare akut
  • Lesu
  • Myalgia
  • Disertai atau tidak disertai keluhan respirasi
  • Bisa diikuti gejala ikterus atau penurunan kesadaran.

Baca Juga: Makin Menyebar, Ada 21 Kasus Hepatitis Akut Misterius di Jakarta

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru