Ini saran dokter untuk mengatasi anosmia, ada tiga cara

Jumat, 27 Agustus 2021 | 05:30 WIB Sumber: Sonora.id
Ini saran dokter untuk mengatasi anosmia, ada tiga cara

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Simak cara mengatasi anosmia akibat Covid-19 berikut ini. Cara ini akan mempercepat pemulihan kemampuan mencium yang hilang akibat infeksi virus corona.

Anosmia adalah salah satu gejala yang banyak dialami penderita Covid-19. Meskipun penanganan pandemi corona menunjukkan perbaikan, tapi masih banyak penderita Covid-19 yang mengalami anosmia.

Anosmia adalah menghilangnya atau menurunnya kemampuan indra penghidu untuk menghirup aroma dan membau berbagai bebauan yang ada di sekitar.

Dalam program KamuSehat di Radio Sonora FM, dr. Santi dari Medical Centre Kompas Gramedia menyatakan setidaknya ada 3 cara mengatasi anosmia akibat Covid-19 maupun virus lain.

  • Konsumsi suplemen omega 3

Cara pertama mengatasi anosmia akibat Covid-19 atau virus lain adalah dengan suplemen omega 3. “Konsumsi suplemen berupa omega 3,” ungkap dr. Santi.

Beberapa peneliatian dan artikel menyebutkan bahwa asam lemak dalam omega 3 yang ditemukan di dalam minyak ikan bisa melindungi sel saraf dan kerusakan lebih lanjut. Bahkan kandungan tersebut bisa membantu meregenerasi pertumbuhan saraf untuk membantu memulihkan anosmia.

Baca juga: Epidemiolog harap vaksin booster diprioritaskan bagi lansia

  • Semprot hidung

Cara kedua mengatasi anosmia akibat Covid-19 atau virus lain adalah semprot hidung. “Bisa juga menggunakan obat semprot hidung steroid yang tentunya harus dikonsultasikan dulu dengan dokter,” sambungnya.

Obat yang satu ini adalah salah satu obat semprot hidung yang bisa digunakan sebagai pengobatan pertama untuk melawan alergi atau virus.

Penggunaannya ditujukan untuk mengurangi peradangan pada saluran hidung, dan dianggap bisa mengurangi anosmia, namun perlu adanya petunjuk dan konsultasi dengan dokter sebelum penggunaannya.

  • Latihan olfaktori

Cara ketiga mengatasi anosmia akibat Covid-19 atau virus lain adalah latihan olfaktori. “Bisa membantu dengan terapi berupa latihan penciuman, latihan olfaktori,” tegas dr. Santi.

Caranya adalah dengan menyediakan 3 benda dengan bau yang menyengat, kemudian masing-masing bau dihirup selama 20 detik secara bergantian.

Lakukan latihan untuk mengembalikan indra penciuman ini dua kali sehari. Cara mengembalikan kemampuan indra penciuman yang hilang ini disebut sebagai smell training atau olfactory training yang bisa mempercepat penyembuhan anosmia.

Itulah tiga cara mengatasi anosmia akibat Covid-19 atau virus lain. Semoga cepat sembuh dari Covid-19. (Prameswari Sasmita)

Artikel ini telah tayang di Sonora.id berjudul "3 Cara ala Dokter untuk Pulihkan Anosmia karena Infeksi Virus"

 

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitanganpakaisabun

 

Selanjutnya: 3 Cara mengembalikan penciuman yang hilang akibat Covid-19 menurut dokter Santi

 

Editor: Adi Wikanto
Terbaru