kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |
  • USD/IDR13.984
  • EMAS705.000 0,14%
  • RD.SAHAM 0.53%
  • RD.CAMPURAN 0.27%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.13%

Ini rahasia langsing setelah usia mencapai 40 tahunan


Jumat, 28 Juni 2019 / 15:49 WIB

Ini rahasia langsing setelah usia mencapai 40 tahunan
ILUSTRASI. Pusat Kebugaran

KONTAN.CO.ID -  Saat berada di usia remaja dan awal 20an, kita bisa saja mengonsumsi makanan berlemak dan berkarbohidrat tinggi tanpa mengalami pertambahan berat badan yang terlalu besar. Namun, kondisi ini akan berubah total saat kita menginjak usia 40 tahunan.

Meski kita mengonsumsi makanan yang tak terlalu berlemak, berat badan bisa saja melonjak tajam. Bukan hanya massa otot yang berkurang seiring bertambahnya usia.

Menurut William Samuel Yancy, Direktur Pusat Diet dan Kebugaran Duke dan profesor kedokteran di Duke University, seiring bertambahnya usia, ada banyak hal yang berubah untuk waktu dan energi kita.

"Itu sangat membutuhkan pola makan sehat dan olahraga yang rutin," ucapnya.

Agar kita bisa mendapatkan berat badan ideal setelah berusia 40 tahunan, berikut tipsnya:

1. Tetap aktif berolahraga

Mulai usia 30 tahunan, kita dapat kehilangan 3%-5%dari massa otot di setiap dekade jika kita tidak menerapkan gaya hidup aktif. Kita bisa mempertahankan massa otot dengan menerapkan latihan kekuatan rutin.

Dengan kata lain, kita harus melakukan gerakan yang melatih otot utama tubuh setidaknya dua kali seminggu. Untuk itu, para pria yang telah mencapai usia 40 tahunan harus melakukan olahraga selama tiga kali seminggu untuk melatih seluruh otot tubuh.

"Semakin kuat otot yang kita miliki, semakin banyak kalori yang kita bakar," kata Kristin Kirkpatrick, Konsultan Pengobatan Integratif dan Gaya Hidup.

Menurutnya, cara ini bisa meningkatkan kinerja metabolisme sehingga para pria bisa makan dengan porsi yang lebih banyak. Banyak pria berusia 40 tahunan menyukai olahraga interval intensitas tinggi karena tak memerlukan banyak waktu untuk melakukannya.

Namun, kita juga bisa melakukan latihan aerobik. Lengkapi latihan dengan melakukan spin, olahraga lari, atau latihan dengan mesin eliptikal. Latihan kekuatan juga penting untuk membangun otot tubuh.


Sumber : Kompas.com
Editor: Noverius Laoli
Video Pilihan

TERBARU
Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2019 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Redaksi | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0056 || diagnostic_api_kanan = 0.0596 || diagnostic_web = 0.3292

Close [X]
×