Tips Sehat

Ini protokol kesehatan di perkantoran yang diterapkan RAJA dan PTBA

Selasa, 17 November 2020 | 09:25 WIB   Reporter: Filemon Agung
Ini protokol kesehatan di perkantoran yang diterapkan RAJA dan PTBA


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Adaptasi baru di tengah pandemi virus corona (Covid-19) wajib dilakukan setiap lapisan masyarakat termasuk dalam praktik bekerja di perkantoran.

Hal tersebut juga diterapkan Direktur PT Rukun Raharja Tbk (RAJA) Oka Lesmana. Dia mengungkapkan, demi mencegah penyebaran Covid-19 di lingkup kantor, perusahaan mengikuti memberlakukan pengaturan jam kerja dan protokol kesehatan bagi seluruh pegawai.

"Hingga November 2020 masih terapkan shift kerja dimana yang berkantor maksimal jumlahnya 25% dari kapasitas gedung," jelas Oka kepada Kontan.co.id, Senin (16/11).

Baca Juga: ​Berencana melangsungkan pernikahan? Ini 9 tips menikah di masa pandemi

Oka melanjutkan, sebagian karyawan masih memberlakukan Work From Home. Tak hanya itu, jadwal rapid test secara rutin juga diberlakukan selama masa pandemi Covid-19.

Di sisi lain, demi memastikan pencegahan berjalan optimal, Oka menuturkan perusahaan menyiapkan masker, hand sanitizer dan multivitamin bagi karyawan.

Adaptasi juga terjadi pada kegiatan rapat internal maupun eksternal kantor. Jika sebelum pandemi kegiatan rapat masih dilakukan dengan tatap muka. Saat ini tercatat 90% kegiatan rapat dilakukan secara virtual.

"Kalaupun dilaksanakan tatap muka maka wajib patuhi peraturan dan protokol kesehatan," ujar Oka.

Upaya pencegahan penyebaran Covid-19 dengan pelaksanaan protokol kesehatan juga dilakukan PT Bukit Asam Tbk (PTBA).

Sekretaris Perusahaan PTBA Apollonius Andwie bilang jumlah pekerja yang bekerja di kantor dan melaksanakan WFH dibagi sama rata. Kapasitas maksimum yang ditetapkan yakni 50% dari kapasitas gedung.

"Di kantor kami membentuk Tim yang bertugas untuk memonitor pelaksanaan protokol kesehatan. Tim juga melakukan sidak ke ruang kerja, untuk menegur pegawai yang melanggar," kata Apollonius kepada Kontan.co.id, Senin (16/11).

Baca Juga: Berangkat kerja lebih awal demi mengurangi risiko paparan virus corona

Kegiatan rapat juga masih dilakukan secara virtual guna mencegah penyebaran Covid-19 di lingkungan kantor.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitanganpakaisabun

 

 

Selanjutnya: Inilah ​6 cara jaga daya tahan tubuh di tengah pandemi

 

Editor: Anna Suci Perwitasari


Terbaru