Ini Pola Hidup Sehat yang Menyehatkan Ginjal

Senin, 11 April 2022 | 17:16 WIB Sumber: Kompas.com
Ini Pola Hidup Sehat yang Menyehatkan Ginjal

ILUSTRASI. Kesehatan ginjal


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ginjal memiliki fungsi penting untuk metabolisme tubuh. Pola hidup sehat bisa memelihara kesehatan ginjal. 

Organ yang terletak di bawah tulang rusuk ini bertugas menyaring limbah metabolisme tubuh. 

Baca Juga: 7 Manfaat Biji Ketumbar bagi Kesehatan, Efektif Menurunkan Gula Darah

Limbah dari metabolisme dan aliran darah akan disimpan di kandung kemih dan nantinya dikeluarkan menjadi urine. 

Selain itu, ginjal juga lah yang bertugas mengatur kadar pH, garam dan potasium di dalam tubuh. 

Di samping juga memproduksi hormon yang menyeimbangkan tekanan darah dan memproduksi sel darah merah. 

Melihat fungsi penting dari organ yang satu ini, penting kiranya mengatur pola hidup tertentu yang bisa menyehatkan fungsi ginjal.  

Tips menjaga kesehatan ginjal Untuk menyehatkan ginjal, inilah pola hidup sehat yang bisa Anda terapkan dari waktu ke waktu: 

1. Aktif bergerak 

Jangan bergaya hidup sedentari yang malas bergerak, namun aktif dan dinamislah berkegiatan dari hari ke hari.  

Dengan aktif bergerak dan rutin berolahraga, Anda bisa menjaga tekanan darah dalam kondisi normal. 

Hal ini bisa menyuport kesehatan ginjal dan melindunginya dari kerusakan yang sementara atau permanen. 

Melansir Healthline, Anda tak perlu berolahraga berlebihan untuk bisa menjaga fungsi ginjal. 

Lakukan saja olahraga ringan yang bisa melahirkan mood baik, sehingga Anda tak akan bosan melakukannya setiap hari. 

2. Mengontrol gula darah 

Orang dengan diabetes dengan gula darah tinggi berisiko terkena gangguan ginjal.  

Ketika sel-sel tubuh tak bisa merombak dan menggunakan glukosa dalam darah, maka ginjal akan dipaksa bekerja lebih keras untuk menyaring darah. 

Jadi sebelum mengarah ke diabetes tipe 2, kontrollah selalu pola makan Anda agar insulin tetap bisa bekerja maksimal.  

3. Memonitor tekanan darah 

Tekanan darah yang selalu tinggi adalah yang bisa merusak ginjal secara perlahan-lahan. 

Jadi terapkan pola makan sehat, lakukan olahraga teratur, dan kontrollah tekanan darah agar Anda bisa memantau dengan maksimal. 

4. Banyak minum 

Dilansir dari NHS, salah satu cara untuk menyehatkan ginjal adalah dengan cara banyak minum. 

Air membantu membersihkan sodium dan beragam racun yang mengendap di ginjal Anda. 

Ketika urine berwarna keruh, itu pertanda Anda dehidrasi atau kurang minum dan ginjal memiliki banyak endapan racun. 

Orang dengan batu ginjal harus lebih banyak mengambil asupan minuman agar endapan batu tak bertambah dan semakin menumpuk. 

5. Berhenti merokok 

Nikotin dari rokok bisa merusak pembuluh darah. Ketika pembuluh darah rusak, maka aliran darah menuju ginjal pun akan terganggu. 

Selain itu, ketika pembuluh darah rusak, maka tekanan darah juga akan terganggu. 

Ketika Anda berhenti merokok, prosentase risiko kerusakan ginjal akan menurun secara otomatis sedikit demi sedikit. 

Kerusakan ginjal terjadi secara perlahan-lahan dari tahun ke tahun. 

Beberapa kasus kerusakan ginjal juga terjadi secara progresif, yaitu cepat memburuk dalam waktu singkat. 

Ketika ginjal tak lagi bisa membuang limbah dari aliran darah, maka ginjal sudah dikatakan gagal bekerja atau gagal ginjal. 

Ketika limbah dari metabolisme tubuh tak bisa dikeluarkan secara benar, maka akan mengarah ke gangguan kesehatan serius yang bisa berujung pada kefatalan atau kematian.(Inten Esti Pratiwi) 

Baca Juga: 5 Alasan Teh Jahe Baik Diminum saat Sarapan

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pola Hidup Sehat yang Bisa Menyehatkan Ginjal", 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tri Sulistiowati

Terbaru