kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini perbedaan masker N95, KN95, KF94 dan tips memilih masker yang aman


Senin, 21 Juni 2021 / 08:30 WIB
Ini perbedaan masker N95, KN95, KF94 dan tips memilih masker yang aman


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Saat ini, beragam jenis masker banyak beredar di pasaran. Selain masker kain dan medis, belakangan jamak dijual masker jenis N95, KN95, atau KF94. 

Memakai masker berkualitas dengan cara yang benar adalah salah satu cara utama mencegah penularan Covid-19. Masker dapat melindungi seseorang yang belum terinfeksi virus corona, sekaligus mencegah penderita menyebarkan virus corona dan penyakit yang menular lewat udara lainnya. 

Terlebih di tengah merebaknya virus corona varian delta yang lebih gampang menular dan relatif lebih bergejala. 

Di tengah semakin merebaknya Covid-19, sejumlah pakar kesehatan juga kerap menyerukan agar publik memakai masker dobel (medis dan kain), atau masker berkualitas yang bisa memberikan proteksi lebih tinggi.

Baca Juga: Jangan sembarangan! Ini contoh memperlakukan masker sekali pakai  

Terutama saat seseorang terpaksa keluar rumah dan berada di ruang tertutup (indoor), transportasi publik, atau berada di kerumunan yang sulit untuk jaga jarak lebih dari satu meter dengan orang sekitar. 

Agar Anda tidak bingung lagi, berikut perbedaan masker N95, KN95, atau KF94 yang perlu Anda ketahui dan tips aman memilihnya. 

Masker N95 

Melansir CNet, masker N95 adalah masker medis yang bisa menyaring partikel aerosol sampai 95 persen. Masker ini dapat menyaring partikel sampai ukuran 0,3 mikron. Kendati partikel virus corona (SARS-CoV-2) ukurannya sekitar 0,1 mikron, tapi partikel virus biasanya menempel pada sesuatu yang lebih besar seperti droplet. 

Masker N95 diprioritaskan untuk petugas kesehatan atau orang yang berdiri di garda depan untuk menanggulangi wabah Covid-19. Masker dengan perlindungan tinggi ini dirancang bisa sangat rapat saat digunakan. 

N95 dilengkapi dengan fitur ikat kepala elastis, dan segel logam yang bisa disesuaikan di atas hidung. 

Baca Juga: Rajin ganti masker guna mencegah tertular virus Covid-19




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×