Covid-19

Jangan sembarangan! Ini contoh memperlakukan masker sekali pakai

Minggu, 30 Mei 2021 | 04:55 WIB   Reporter: Akhmad Suryahadi
Jangan sembarangan! Ini contoh memperlakukan masker sekali pakai

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Salah satu bentuk pencegahan dari risiko penularan Covid-19 adalah menggunakan masker. Pemerintah pun menggalakkan program 5M, dimana salah satu unsurnya adalah menggunakan masker.

Direktur dan Sekretaris Perusahaan PT Saraswanti Anugerah Makmur Tbk (SAMF) Dadang Suryanto menjadi orang yang taat dalam menggunakan masker. Dadang mengatakan, dirinya memiliki beberapa cara khusus dalam memakai masker untuk mencegah penularan Covid-19.

Setiap kali pulang kerja, sesampainya di rumah, dia mengaku langsung membuang masker sekali pakai. Sebelum dibuang, masker tersebut digunting menjadi empat bagian.

Dadang juga punya cara khusus dalam memperlakukan masker ketika sedang tidak dipakai. Bila sedang ada jamuan makan, baik dengan rekan bisnis, teman, atau keluarga, Dadang memasukkan maskernya ke dalam plastik yang selalu disediakan dalam tas.

Baca Juga: PCOS tingkatkan risiko terinfeksi virus corona hingga 50%

“Jadi intinya, masker hanya sehari sekali saya gunakan. Setelah itu dibuang,” terang Dadang.

Dadang menggunakan masker yang memang direkomendasikan oleh banyak pihak, seperti merk SENSI model duckbill atau KN95 atau KF94. Dia tidak pernah memakai masker kain.

Dadang memberikan sedikit tips dalam memilih masker yang tepat. Pertama, pastikan saat masker menggunakan masker, fleksibilitas masker mengikuti kontur wajah sehingga tidak ada celah antara masker dengan kulit wajah.

Kedua, pastikan menggunakan merk masker yang telah direkomendasikan oleh para dokter. Terakhir, gunakanlah masker yang memiliki minimal dua lapis/layer. 

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitanganpakaisabun

 

Selanjutnya: Sudah dapat vaksin COVID-19? Jangan kasih kendor protokol kesehatan

 

Editor: Herlina Kartika Dewi
Terbaru