kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini manfaat minum kopi untuk penderita asam urat


Senin, 28 September 2020 / 15:20 WIB
Ini manfaat minum kopi untuk penderita asam urat
ILUSTRASI. Ilustrasi. Minum kopi memberikan efek baik untuk penderita asam urat.


Sumber: Kompas.com | Editor: Tri Sulistiowati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kopi memang mengandung purin. Tapi, minum kopi tidak membuat penyakit asam urat kambuh.  

Apakah Anda penikmat kopi? Pernahkah Anda mendengar kabar mengenai minum kopi bisa sebabkan asam urat? 

Sebagian orang mungkin akan percaya anggapan tersebut, mengingat kopi termasuk bahan makanan yang mengandung purin. Purin adalah molekul yang ketika masuk ke dalam tubuh selanjutnya akan dimetabolisme menjadi asam urat. 

Baca Juga: Merasa ingin buang air besar setelah minum kopi, ini loh sebabnya

Ternyata, kopi termasuk bahan makanan yang mengandung purin rendah. Melansir Buku Menu dan Resep untuk Penderita Asam Urat (2008) oleh Rita Ramayulis, DCN, M.Kes dan Ir. Trina Astuti, MPS., kopi dan teh termasuk bahan makanan yang kandungan purinnya dapat diabaikan. 

Hal itu dikarenakan, kandungan purin pada kopi tergolong rendah. Dengan begitu, kecil kemungkinan minum kopi dapat menyebabkan penyakit asam urat. 

Karena mengandung purin rendah, minum kopi bahkan aman dilakukan oleh para penderita asam urat setiap hari asal dalam jumlah yang wajar. 

Dalam Buku Diet Sehat untuk Pendrita Asam Urat (2008) oleh Dr. Rina Yenrina, MSi dan Dr. Diah Krinatuti, MS., juga dijelaskan bahwa tidak semua bahan pangan yang mengandung purin dapat meningkatkan asam urat. 

Kopi termasuk sebagai contoh dari bahan makanan tersebut bersama teh dan cokelat. Kopi, teh, dan cokelat mengandung kompoten purin berupa kafein, theophylline, dan theobromin. 

Zat itu jika dimetabolisis, akan menjadi metil urat yang tidak membentuk tofi atau tidak meningkatkan kadar usam urat darah. Jadi, kopi, teh, maupun cokelat aman bagi penderita asam urat. 

Bahkan, kopi dilaporkan bisa memiliki efek sebaliknya, yakni dapat menurunkan kadar asam urat. 

Kopi malah bermanfaat untuk penderita asam urat 

Melansir Health Line, ada beberapa alasan mengapa kopi dapat memberikan efek perlindungan terhadap penumpukan asam urat. 

Untuk memahami alasannya, pertama-tama Anda perlu memahami dulu cara kerja obat tertentu untuk penyakit asam urat atau gout. 

Ada dua jenis obat asam urat yang mungkin diresepkan dokter, yakni xanthine oxidase inhibitor dan uricosurics. Xanthine oxidase inhibitor berfungsi dengan menghambat aktivitas xanthine oxidase. Xanthine oksidase adalah enzim yang membantu tubuh memetabolisme purin. 

Karena purin adalah sumber asam urat, menghambat enzim ini dapat membantu menjaga kadar asam urat rendah. 

Sementara, kafein dianggap sebagai salah satu sumber metil xantin ini. Oleh karena itu, kafein juga dapat berpotensi menghambat aksi xanthine oksidase. 
Jadi, minum kopi setiap hari dapat menurunkan kadar asam urat karena dapat memperlancar sistem metabolisme dalam tubuh. 

Tak hanya itu, kafein dalam kopi meski tidak selalu dianggap sebagai urikosurik (meningkatkan pengeluaran asam urat melalui urine), kafein dapat berfungsi dengan cara yang sama. 

Namun, sebuah penelitian juga mengungkap bahwa meskipun ada bukti yang menunjukkan asupan kopi dapat mengurangi risiko asam urat, hasilnya tidak cukup signifikan secara statistik.(Irawan Sapto Adhi) 

Baca Juga: Ini cara aman minum kopi untuk penderita asam lambung

Selanjutnya: Infused water kemangi efektif meredakan batuk Anda

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Benarkah Minum Kopi Bisa Sebabkan Asam Urat?"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×