Kesehatan Umum

Infused water kemangi efektif meredakan batuk Anda

Senin, 28 September 2020 | 11:31 WIB   Reporter: Tri Sulistiowati
Infused water kemangi efektif meredakan batuk Anda

ILUSTRASI. Ilustrasi, Daun kemang efektif sebagai obat herbal batuk


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Infused water kemangi bermanfaat sebagai obat herbal batuk. Anda ingin mencobanya? Simak dulu cara membuatnya berikut ini. 

Batuk bisa menyerang siapa saja tanpa memandang usia dan juga jenis kelamin. Mengutip dari situs Kompas.com, batuk disebabkan oleh tiga hal, pertama adanya infeksi saluran pernafasan atas dan mempengaruhi tenggorokan seperti flu dan radang tenggorokan. 

Kedua, adanya infeksi pari-paru atau saluran pernafasan bagian bawah seperti bronkitis dan radang paru-paru. Ketiga, disebabkan kebiasaan merokok, penyakit asma, GERD, dan efek samping dari penggunaan obat tertentu. 

Baca Juga: Asam urat naik? Jus nanas efektif mengobati penyakit asam urat Anda

Perlu Anda ketahui batuk menjadi cara tubuh untuk menjaga kebersihan tenggorokan dari dahak atau iritasi lainnya. 

Meski begitu setiap orang yang menderita pasti merasa tidak nyaman. Sebab, mereka tidak bisa tidur malam dengan nyenyak. Bagi sebagian orang, batuk akan menjadi-jadi saat malam hari. 

Umumnya, masyarakat minum obat batuk yang banyak dijual di toko ritel atau apotek untuk meredakan penyakit batuk. Lainnya, sebagian orang memilih mengonsumsi obat batuk resep dokter untuk meredakan batuk. 

Faktanya, batuk tidak hanya bisa diobati menggunakan obat kimia tapi juga bisa menggunakan obat herbal dan juga infused water. 

Mengutip dari buku berjudul Variasi Favorit Infused Water Berkhasiat karya Desty Ervira Puspaningtyas, S.Gz., Yunita Indah Prasetyaningsrum, S.Gz, infused water kemangi efektif meredakan batuk. 

Infused water kemangi sebagai obat batuk 

Sudah buka rahasia bila infused water punya banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Sebab, infused water tidak hanya mengandung mineral tapi juga vitamin dan nutrisi lainnya yang dikandung oleh buah atau sayur. 

Infused water kemangi dipercaya efektif meredakan batuk. Asal tahu saja, kemangi mengandung vitamin C yang berkhasiat meredakan batuk dan meningkatkan daya tahan tubuh. 

Tidak hanya itu, kemangi juga mengandung zat besi yang bermanfaat untuk produksi sel darah merah, kalsium yang dapat membantu menjaga kesehatan tulang, minyak atsiri yang berperan untuk membunuh bakteri pantogen. 

Kemangi juga mengandung vitamin A yang mampu menghambat oksidasi kolesterol dan penyebab penyempitan pembuluh darah, serta vitamin B. 

Untuk Anda yang belum familiar, kemangi merupakan tanaman yang bisa tumbuh di daerah bercuaca dingin atau panas. Kemangi memiliki daun berwarna hijau berbentuk lonjong dengan ujung lancip. Daun kemangi memiliki aroma yang khas bila diremas.   

Untuk merasakan manfaat infused water kemangi sebagai obat batuk Anda hanya perlu menyiapkan beberapa bahan berikut ini. 

  • Daun kemangi 25 gram 
  • Air 500 gram 

Anda cuci daun kemangi sampai bersih. Kemudian, Anda sobek-sobek daun kemangi lalu masukkan ke dalam air dalam botol. 

Anda tutup wadah air campuran daun kemangi dan simpan di dalam kulkas selama 4-5 jam.

Infused water kemangi memang efektif sebagai obat batuk. Namun, bila batuk tidak kunjung reda, Anda sebaiknya mengunjungi dokter untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut. 

Baca Juga: Anda menderita batuk dan pilek? Infused water nanas bisa jadi obat batuk dan pilek

Selanjutnya: Asam lambung naik? Madu efektif meredakan penyakit asam lambung Anda

 

Editor: Tri Sulistiowati


Terbaru