Tips Sehat

Ini makanan yang bisa menurunkan risiko terkena penyakit jantung

Kamis, 07 Mei 2020 | 12:01 WIB Sumber: Kompas.com
Ini makanan yang bisa menurunkan risiko terkena penyakit jantung

ILUSTRASI. buah alpukat atau avokad. foto wikipedia.org


KONTAN.CO.ID - Penyakit jantung jadi salah satu penyakit yang paling mematikan. Namun Anda tidak perlu khawatir, sebab makanan berikut ini dipercaya bisa menurunkan risiko terkena penyakit jantung.  
 
Ada banyak hal yang bisa memicu penyakit jantung. Mulai dari gaya hidup merokok, kurangnya aktivitas fisik hingga riwayat penyakit keluarga. 

Kabar baiknya, mengubah pola makan bisa menjadi salah satu cara untuk meminimalisir risiko penyakit jantung. Memang tidak ada makanan "ajaib" yang membantu Anda terhindar dari penyakit ini. 

Baca Juga: Ini cara ampuh mencegah sembelit

Yang Anda perlukan adalah mengonsumsi makanan sehat dan rutin berolahraga. Selain itu, hindarilah makanan yang tinggi kandungan garam karena dapat meningkatkan tekanan darah dan risiko serangan jantung serta stroke. 

Anda juga harus memperbanyak konsumsi makanan nabati, seperti sereal gandum, kacang-kacangan buah-buahan dan sayuran, untuk menurunkan risiko penyakit jantung. 

Melansir laman Better Health, berikut makanan yang membantu menurunkan risiko penyakit jantung: 

Minyak ikan 

Beberapa jenis ikan seperti makerel, sarden, tuna dan salmon mengandung asam lemak omega-3. 

Jenis lemak ini telah terbukti mengurangi trigliserida dan meningkatkan kadar HDL-kolesterol, meningkatkan elastisitas pembuluh darah dan mengencerkan darah, meminimaliris penggumpalan aliran darah. 

Minyak nabati 

Bahan nabati yang mengandung asam lemak omega-6 dan asam lemak omega-3 seperti kanola, jangung dan kedelai juga sangat baik untuk jantung. Zat tersebut membantu menurunkan kolesterol LDL (Low Density Lipoprotein) saat digunakan sebagai pengganti lemak jenuh seperti mentega. 

Buah dan sayuran 

Antioksidan dalam buah dan sayuran menawarkan perlindungan terhadap penyakit jantung. Buah dan sayuran juga merupakan sumber penting folat, yang membantu menurunkan kadar darah asam amino homocysteine. 

Asam amino homocystein juga terkait dengan peningkatan risiko penyakit jantung. 

Makanan yang mengandung vitamin E 

Beberapa penelitian menunjukkan vitamin E berfungsi sebagai antioksidan yang membantu melindungi terhadap kolesterol 'jahat'. Agar kebutuhan vitamin E ini terjamin, kita harus mengonsumsi makanan seperti alpukat, sayuran hijau tua, minyak sayur, dan produk gandum. 

Makanan yang diperkaya dengan sterol nabati 

Rutin mengonsumsi dua hingga tiga gram fitosterol (sterol nabati) atau stanol membantu menurunkan kadar kolesterol LDL sekitar sepuluh persen. Kita bisa memenuhi asupan ini dengan mengonsumsi makanan seperti margarin, yogurt rendah lemak, susu dan sereal sarapan.(Ariska Puspita Anggraini)

Baca Juga: Awas! Kelelahan ekstrem bisa mengancam nyawa

 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Makanan yang Baik untuk Menurunkan Risiko Penyakit Jantung", 

Editor: Tri Sulistiowati


Terbaru