Kesehatan Umum

Ini makanan yang baik dikonsumsi oleh penderita asam lambung

Selasa, 29 September 2020 | 11:17 WIB Sumber: Kompas.com
Ini makanan yang baik dikonsumsi oleh penderita asam lambung

ILUSTRASI. Ilustrasi. Air lemon baik untuk menetralkan asam lambung.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Asam lambung naik disebabkan oleh banyak faktor salah satunya mengonsumsi makanan dan minum yang salah. Berikut makanan yang baik dikonsumsi untuk para penderita asam lambung.  

Apakah perut Anda sering terasa kembung? Lalu, apakah Anda bersendawa hampir setiap kali setelah makan dan bahkan menderita rasa yang tidak nyaman pada perut dan dada? 

Baca Juga: Buah pepaya efektif meredakan asam lambung Anda

Apa yang Anda alami bisa jadi adalah gejala penyakit asam lambung atau gastroesophageal reflux ( GERD). 

Penyakit ini gampang-gampang susah penanganannya karena memerlukan perubahan gaya hidup, di samping pengobatan. 

Ekta Gupta, M.B.B.S., M.D., ahli gastroenterologi di Johns Hopkins Medicine berkata bahwa diet memainkan peran utama dalam mengendalikan gejala refluks asam dan merupakan terapi lini pertama yang digunakan untuk penderita GERD. 

Lantas, makanan apa saja yang baik untuk penderita asam lambung dan makanan apa yang sebaiknya dihindari? 

Makanan pencegah asam lambung 

Gupta menjelaskan bahwa ada beberapa kategori makanan yang bisa mencegah naiknya asam lambung. 

1. Makanan berserat tinggi 

Makanan berserat membuat perut terasa lebih kenyang, sehingga mengurangi kemungkinan Anda makan berlebihan, yang dapat memicu naiknya asam lambung. 
Contoh makanan berserat tinggi adalah: Biji-bijian utuh, seperti oatmeal, couscous, dan beras merah Umbi-umbian, seperti ubi jalar, wortel dan bit Sayuran hijau, seperti asparagus, brokoli dan kacang hijau. 

2. Makanan alkali 

Setiap makanan memiliki tingkat keasaman yang berbeda-beda. Makanan dengan pH rendah bersifat asam dan lebih cenderung menyebabkan refluks. 

Sebaliknya, makanan dengan pH lebih tinggi bersifat basa dan dapat membantu menetralkan asam lambung. Contoh-contoh makanan yang bersifat basa adalah pisang, melon, bunga kol, kacang, pir, anggur dan brokoli.

3. Makanan berair 

Mengonsumsi makanan yang banyak mengandung air dapat mengencerkan dan melemahkan asam lambung. Makanan-makanan ini seperti seledri, timun, selada, semangka, sup bening dan teh herbal. 

Makanan penetral asam lambung 

Bila Anda termasuk orang yang sering meminum antasida untuk menetralkan asam lambung, tidak ada salahnya untuk mencoba makanan-makanan yang bisa meredakan gejala GERD. Makanan-makanan itu adalah: 

1. Jahe 

Jahe adalah salah makanan terbaik untuk pencernaan. Rempah ini bersifat basa dan memiliki kemampuan anti-inflamasi yang meredakan iritasi pada saluran pencernaan. Bila asam lambung sudah mulai terasa naik, cobalah meminum teh jahe untuk meredakannya. 

2. Air lemon 

Banyak penderita GERD yang menghindari jus lemon karena menganggapnya asam. Namun, sedikit jus lemon yang dicampur dengan air hangat dan madu memiliki efek basa yang bisa menetralkan asam lambung. 

Selain itu, madu memiliki antioksidan alami yang melindungi kesehatan sel.

3. Susu 

Gupta berkata bahwa banyak orang beranggapan kalau susu bisa membantu meredakan gejala panas di dada akibat asam lambung. 

Namun, harus diingat bahwa susu memiliki banyak variasi, mulai dari susu murni dengan lemak penuh, 2% lemak hingga tanpa lemak. 

"Lemak dalam susu dapat memperburuk asam lambung. Tetapi susu tanpa lemak dapat bertindak sebagai pembatas sementara antara lapisan lambung dan isi lambung yang asam, serta meredakan gejala panas di dada akibat asam lambung," ujarnya. 

Jika Anda tidak suka minum susu, yoghurt rendah lemak bisa menjadi alternatif karena memiliki kualitas meredakan asam lambung yang sama, serta mengandung bakteri probiotik atau bakteri baik yang meningkatkan kesehatan pencernaan. 

4. Cuka sari apel 

Sampai sekarang tidak ada cukup penelitian untuk membuktikan bahwa minum cuka sari apel dapat membantu meredakan asam lambung. Namun, banyak orang merekomendasikannya untuk penderita asam lambung. 

Apabila Anda ingin mencobanya, harus diingat bahwa cuka sari apel tidak boleh diminum secara langsung tanpa diencerkan terlebih dahulu. Sebab, cuka sari apel merupakan asam kuat yang dapat mengiritasi kerongkongan. 

Gupta menyarankan Anda untuk memasukkan sedikit cuka sari apel ke dalam air hangat dan meminumnya saat makan. 

Makanan yang harus dihindari 

Sebaliknya, penderita GERD harus menghindari makanan yang tinggi lemak, garam dan pedas-pedas, seperti: 

  • Gorengan 
  • Makanan cepat saji 
  • Pizza 
  • Keripik kentang dan makanan ringan olahan lainnya 
  • Cabai dan merica 
  • Daging yang berlemak seperti bacon dan sosis 
  • Keju Saus berbahan dasar tomat 
  • Jeruk-jerukan 
  • Cokelat 
  • Permen 
  • Minuman berkarbonasi 

"Moderasi adalah kunci karena banyak orang mungkin tidak dapat atau tidak ingin menghilangkan makanan ini sepenuhnya," kata Gupta. 

Selain mengatur menu makanan, tips penting lainnya untuk penderita GERD adalah menghindari makan makanan berat saat larut malam atau menjelang waktu tidur agar lambung dapat beristirahat.(Dinda Zavira Oktavia) 

Baca Juga: Tidak ingin asam lambung naik? Hindari makanan dan minum berikut ini

Selanjutnya: mentimun bermanfaat sebagai obat herbal asam lambung

 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Daftar Makanan Terbaik untuk Asam Lambung dan yang Harus Dihindari"

Editor: Tri Sulistiowati


Terbaru