kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45963,73   -4,04   -0.42%
  • EMAS1.315.000 0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini makanan penyebab batu ginjal berdasarkan jenisnya


Rabu, 16 Desember 2020 / 12:38 WIB
Ini makanan penyebab batu ginjal berdasarkan jenisnya


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - Batu ginjal terbentuk karena endapan mineral dan bisa mengganggu kesehatan. Ada sejumlah makanan penyebab batu ginjal yang perlu Anda hindari.

Batu ginjal terdiri dari beberapa jenis, yaitu batu kalsium oksalat, batu kalsium fosfat, batu asam urat, dan batu sistin. Anda perlu hindari makanan penyebab batu ginjal biar tak mengalami penyakit itu.

Batu kalsium oksalat

Mengutip dari Web MD, batu kalsium oksalat terbentuk saat kalsium dalam urin bercampur dengan oksalat. Oksalat adalah senyawa kimia yang ditemukan secara alami di banyak makanan.

Ada banyak jenis tumbuhan yang mengandung oksalat. Jadi, Anda akan cukup kesulitan untuk benar-benar menghindarinya.

Hal yang bisa Anda lakukan adalah membatasi konsumsi beberapa jenis makan supaya jumlah oksalat dalam tubuh tak berlebihan. Beberapa jenis makanan yang kaya oksalat adalah bayam, bubuk cokelat, ubi manis, dan kentang goreng.

Baca Juga: Yuk deteksi dini, ini gejala dan ciri-ciri kanker ginjal

Batu kalsium fosfat

Selain bercampur dengan oksalat, batu ginjal juga bisa terbentuk karena campuran kalsium dan fosfor. Salah satu jenis sumber makanan yang perlu Anda waspadai adalah sumber protein hewani, seperti liver, susu, produk olahan susu, dan seafood.

Makanan penyebab batu ginjal lain yang perlu Anda perhatikan adalah minuman bersoda, makanan cepat saji, dan makanan yang mengandung banyak sodium. Selain itu, hindari pula mengonsumsi makanan yang dapat meningkatkan jumlah alkalin dalam urin, seperti jus sayur atau buah.

Batu asam urat

Tubuh akan menghasilkan asam urat setelah menghancurkan makanan yang Anda konsumsi. Jika jumlahnya terlalu banyak, asam urat bisa menyebabkan batu ginjal.

Melansir dari Web MD, Anda sebaiknya menghindari beberapa jenis makanan. Batasi konsumsi protein hewani, seperti daging merah, telur, dan kerang.

Sumber makanan itu akan meningkatkan jumlah asam urat dalam tubuh Anda. Anda bisa mengganti sumber protein dari makanan lain, seperti kacang, biji, kacang kedelai, tahu, dan lain-lain.

Baca Juga: Air rebusan daun alpukat bermanfaat sebagai obat herbal batu ginjal

Batu sistin

Batu sistin adalah jenis batu ginjal yang jarang terjadi. Jenis batu ginjal ini terbentuk karena ginjal mengeluarkan asam amino sistin yang terlalu banyak.

Beberapa makanan penyebab batu ginjal yang sebaiknya Anda hindari adalah makanan bersodium, misalnya, kentang goreng atau sup kaleng.

Cara lain untuk menghindari terbentuknya batu sistin adalah dengan menghindari dehidrasi dan mengonsumsi lebih banyak sayur dan buah. Sayur dan buah akan menurunkan tingkat keasaman dalam tubuh sehingga Anda bisa mencegah pembentukan batu sistin.

Selanjutnya: Tak hanya infeksi saluran kemih, ini 5 penyebab nyeri saat buang air kecil

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet Using Psychology-Based Sales Tactic to Increase Omzet

[X]
×